BATAS.ID~WONOSOBO-Jalan rusak dan rumput panjang sangat menganggu saat melintas  sebuah jalan Desa Kebrengan, jalan yang sulit dilalui karena banyak lobang dan aspal rusak  sangat parah. Hal ini menjadikan para pemuda Desa Kebrengan yang tergabung dalam Majelis Silaturahmi Desa Kebrengan tergerak untuk memperbaiki dan membersihkan jalan Desa Kebrengan.

Bermodal  semangat, kepedulian yang tinggi dan kekompakan, gerak cepat  dilakukan oleh pemuda  Desa tersebut, dengan  langsung melakukan aksi nyata  melakukan bersih desa Kebrengan dan memperbaiki jalan yang rusak.

Minggu, 26 maret 2017 lalu, seluruh pemuda desa Kebrengan melancarkan aksi turun ke jalan desa untuk melakukan bersih desa dan juga memperbaiki jalan desa rusak yang sangat membahayakan pengguna jalan, apalagi jalan tersebut sebagai jalan penghubung antara desa Kebrengan dan desa Slukatan sehingga mobilitas di jalan tersebut sangat terganggu, jalan penghubung kedua desa ini sangat penting bagi kedua desa tersebut.

Baca Juga  Silaturahmi Hj. Laila Istiani, DPR RI Komisi X di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro

“ini akses utama yang menghubungkan dua desa, desa Kebrengan dan desa Slukatan, ini jalan yang penting, klo rusak begini sangat membahayakan” ungkap Kordinator aksi.

 

Langkah pemuda melalukan aksi ini karean jalan dan kebersihan desa kurang diperhatikan oleh pemerintah desa sehinga rumput yang ada di jalan protokol sangat mengganggu pemandangan yang ada di sekitarnya. Pemuda juga melakukan penggalangan dana membeli minum dan makanan untuk lebih dari 50 pemuda yang ikut dalam aksi bersih desa ini.

Selain melakukan perbaikan jalan dan bersih desa, pemuda pun turut memperbaiki irigasi dan juga penanaman bibit pohon salam dan keningar sebagai langkah penghijauan yang dilakukan oleh pemuda untuk desa Kebrengan.

Baca Juga  Paguyuban Reog Se Jabodetabek Galang Dana Longsor Ponorogo

“dengan aksi ini, kami berharap pemerintah lebih tanggap dalam pemeliharaan infrastruktur desa sehingga mobilitas lancar dan lingkungan terlihat rapi” tutur salah satu Pemuda, yang enggan disebutkan namanya.

Diharapakan dengan aksi ini pemerintah desa lebih memperhatikan lagi kebersihan dan jalan yang merupakan kebutuhan bagi masyarakatnya, serta dapat melibatkan pemuda dalam setiap pembangunan desa. Karena pemuda merupakan asset yang sangat berharga bagi setiap pembangunan desa dan juga merupakan sumber daya manusia yang siap ikut berpartisipasi untuk kemajuan desa Kebrengan.

Ruly-BATAS.ID