Jam Kerja di Indonesia Terlama Ketiga di Dunia

New York, TechnoBusiness Insight Percaya atau tidak, ternyata jam kerja di Indonesia dinyatakan yang paling lama ketiga di dunia. Nomor satu Turki, nomor dua Korea Selatan.

Indikatornya, menurut riset OECD yang ditulis kembali oleh Niall McCharthy dari Statista, sebanyak 14,3% orang Indonesia bekerja 60 jam atau lebih seminggu. Data yang dirilis memang keluaran 2015, tapi tidak terlalu berbeda sampai saat ini.

 

Baca Juga: Apple Kuasai 51% Pendapatan Vendor Ponsel Pintar Global

 

Hasil riset itu menuturkan bahwa negara-negara di Asia memiliki reputasi yang buruk dalam keseimbangan kerja. Di Turki, misalnya, hampir seperempat penduduknya bekerja 60 jam atau lebih seminggu dan itu dinyatakan yang paling parah sejagat.

Korea Selatan, yang notabene negara maju, membiarkan 22,6% tenaga kerjanya bekerja dalam waktu 60 jam atau lebih seminggu. Jepang, yang juga negara maju dengan citra pengelolaan perusahaan yang cukup baik, ternyata masih memiliki 9,2% tenaga kerja dengan 60 jam atau lebih seminggu untuk mencari nafkah.

Sementara itu, di China, yang sering kali diramaikan oleh kasus bunuh diri karyawan pabrik, justru mencatatkan persentase di bawah Jepang (5,8%).

Teks: TechnoBusiness Insight

Data: OECD, Statista

Grafis: TechnoBusiness

 

Artikel Asli

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here