Pasangan pengantin yang berjalan menuju gereja dikawal dan dipayungi jamaah umat Islam/foto : liputan6.com ©batas.id

bastas.id~JAKARTA-Aksi Damai 112 digelar di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, aksi tersebut dihadiri oleh ratusan ribu umat Islam se nusantara. Masjid Istiqlal dipenuhi para jamaah hingga keluar ke halaman maupun jalan-jalan disekitar masjid bahkan menutup jalan menuju Gereja Katedral yang berada diseberang jalan, didepan Masjid Istiqlal.

Pada saat aksi damai berlangsung, ditengah padatnya kerumunan umat Islam, dari arah Lapangan Banteng, terlihat sepasang pengantin beserta pengantarnya berjalan menuju ke Gereja Katedral yang terletak persis berhadapan dengan Masjid Istiqlal.

Pasangan pengantin diantarkan, dikawal dan dipayungi jamaah umat Islam hingga kedepan gereja/foto : liputan6.com ©batas.id

Melihat hal tersebut, beberapa jamaah berinisiatif memberikan jalan kepada pasangan pengantin dan rombongannya ini, bahkan mengantar dengan menembus kerumunan jamaah hingga sampai ke Gereja Katedral dengan aman dan selamat.

Baca Juga  Untuk Kelancaran TMMD Ke-100 Pendim 0707 Dirikan Pusat Informasi

Seperti dikutip dari liputan6.com, jamah umat Islam mepersilahkan dan mengawal pasangan pengantin ini untuk menuju ke Gereja Katedral.

“Ayo pak, tenang kami akan kawal sampai ke depan gereja. Ayo, minggir dulu, kita beri jalan untuk saudara kita umat Nasrani yang akan melangsungkan pernikahan,” ucap salah seorang jamaah aksi 112.

Tak hanya memberi jalan bagi pasangan pengantin tersebut, karena kondisi hujan, beberapa pemuda dari Front Pembela Islam (FPI) juga memayungi pasangan pengantin dan rombongannya ini hingga ke depan pintu Gereja Katedral.

“Ayo buka jalan, kita tunjukkan umat Islam menjunjung toleransi,” ucap salah seorang anggota FPI yang memayungi rombongan pengantin.

Merasa diberi kemudahan dan rasa toleransi yang tinggi dari para jamaah aksi terhadap pengawalan dan memayungi, pasangan pengantin dan rombongannya, memberikan respons positif. “Terima kasih ya, Pak,” ucap pengantin pria yang terlihat mengenakan jas berwarna abu-abu itu.

Baca Juga  Mobil Kompas TV di Usir Dari Istiqlal

Sampai di halaman gereja, jamaah kemudian kembali ke jalan. Pasangan pengantin dan rombongannya langsung masuk ke dalam gereja untuk melangsungkan ritual pernikahan.

“Terima kasih bapak-bapak,” ucap salah seorang rombongan pengantin,” kata dia. (gw/liputan6.com)