BATAS.ID~California — Perusahaan pelopor teknologi pencahayaan SureFire melansir ARON, terobosan teknologi dalam komunikasi optik (optical communications) yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan ponsel canggih, serta mengubah cara berinteraksi dengan dunia sekitar.

ARON—singkatan dari Augmented-Reality Optical Narrowcasting—merupakan sebuah kanal komunikasi yang sama sekali baru. ARON beroperasi tanpa mengandalkan Internet atau jaringan seluler, memanfaatkan gelombang cahaya inframerah untuk menciptakan kanal komunikasi optik independen yang memiliki daya, fleksibilitas, dan kebebasan tak tertandingi.

SureFire merilis teknologi barunya yang istimewa ini dalam ajang 2018 Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, minggu ini.

“Selama bertahun-tahun, kami berupaya menghadirkan teknologi komunikasi optik bertipe free-space bagi pelanggan,” kata Narkis Shatz, Ph.D., Pimpinan Program dan Salah Satu Penemu ARON, SureFire. “ARON adalah upaya pertama kami yang berhasil.”

Baca Juga  Apes...Ikuti Workshop, Guru TK di Wonogiri Alami Keracunan Masal

Baik sebagai alternatif maupun pelengkap bagi gelombang frekuensi radio—yang kini digunakan oleh ponsel canggih dan perangkat seluler di seluruh dunia—ARON mentransmisi data dengan kombinasi optical beacons dan sinyal yang telah dipatenkan.

  • Dapat mengirim dan menerima informasi digital dalam bentuk apapun—termasuk video beresolusi high-definition.
  • Cepat, aman dan privat.
  • Memiliki efisiensi energi tiga ratus kali lipat dari wi-fi, dan dapat digunakan dengan energi surya.
  • Dapat dipasang di ponsel canggih atau kendaraan, pemasangan dan penggunaannya tidak mahal.
  • Memanfaatkan sarana komunikasi yang belum teregulasi.
  • Dengan kapasitas untuk integrasi dan personalisasi yang nyaris tak terbatas, teknologi ini meningkatkan pengalaman augmented-reality, berbeda dari teknologi seluler manapun yang ada saat ini.
Baca Juga  Direktur Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 KLHK Beri Apresiasi Kapolres Wonosobo

ARON dirancang dengan fondasi ilmiah berupa penemuan yang dianggap terbesar oleh Alexander Graham Bell—photophone. Dikembangkan dan dioptimalkan oleh SureFire selama tiga tahun terakhir, teknologi ini menetapkan jangkauan, data-rate dan miniaturization standards yang belum pernah dicapai sebelumnya dalam ranah komunikasi optik free-spacebagi konsumen.

Tentunya, ARON membuat teknologi visioner ini dapat diakses oleh konsumen, pelaku bisnis dan pemerintah untuk pertama kalinya—memberi arti baru pada gagasan tentang konektivitas seluler.

“Ketika Dr. John Matthews mendirikan SureFire, dia membangun legacy berupa kualitas superior dan komitmen untuk mengembangkan teknologi canggih,” kata Joel SmithChief Administrative Officer, SureFire. “Berkat pandangan beliau yang visioner, kami mampu mengembangkan ARON. Kini, dengan penuh semangat kami mengeksplorasi berbagai aplikasi untuk ARON yang dapat digunakan oleh konsumen.”

Baca Juga  “Sentuh Dulu secara Virtual, Baru Beli”

NRP|PRN