Jayapura – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura Kota, Papua, AKBP Marison Tober Hamonangan Sirait menyatakan perayaan Idul Fitri 1438 H di wilayahnya berjalan aman dan lancar.


“Perayaan Idul Fitri di Kota Jayapura aman dan lancar, sejauh ini belum ada laporan yang menonjol,” kata AKBP Marison Tober Hamonangan Sirait ketika di konfirmasi dari Kota Jayapura, Papua, Minggu malam.

Mantan Kapolres Keerom itu menjelaskan sejak dilaksanakan Salat Idul Fitri hingga Minggu malam situasi kamtibmas di Ibu Kota Provinsi Papua terbilang kondusif.

“Jadi, ada 60 titik pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kota Jayapura, diantaranya yang digelar di Mako Brimob, Mapolda Papua dan Denzipur Waena dan semuanya berlangsung aman. Jajaran di lapangan juga terus lakukan patroli sejak malam,” katanya.

Terkait pengamanan selama lebaran, suami dari Diana Sondakh itu, menyampaikan bahwa pada Sabtu (24/6) malam, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar bersama sejumlah pejabat utama melakukan kunjungan kesejumlah pos dan Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Jayapura.

“Sekitar pukul 21.00 WIT Sabtu malam, Pak Kapolda sambangi Polsub Sektor Heram dan memberikan atensi kepada jajaran agar meningkatkan patroli guna mengurangi tindak kejahatan, termasuk melakukan pendekatan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, lulusan Akpol 1999 itu juga berpesan agar masyarakat di Ibu Kota Provinsi Papua yang merayakan Lebaran agar lebih mawas diri dalam menggunakan moda transportasi, baik darat, laut dan udara.

“Harapannya agar lebih berhati-hati dalam merayakan Lebaran, utamakan keselamatan. Dan bagi rumah yang ditinggalkan karena mudik, tolong dititipkan kepada tetangga untuk ikut mengawasi, mobil atau motor yang digunakan cek kesiapannya layak jalannya,” katanya.

|ANTARA| Foto Ilustrasi Sholat Ied:nrp