foto dok. mas dimas/batas.id/edi p

Batas.id~JAKARTA-Gelar acara konser tunggal Diva Keroncong Indonesia Indra Utami Tamsir (IUT) yang dilaksanakan di Balai Sarbini belum lama ini, untuk menyambut tamu yang datang. Dalam konser tersebut dimeriahkan oleh kesenian Karawitan Gresek Laras pimpinan Ki Sambowo.

gresek-4
foto dok. mas dimas/batas.id/edi p

Sementara keterangan dari salah satu anggota kesenian Gresek Laras, Sriyanti, menyampaikan bahwa “kehadiran Gresek Laras dalam acara tersebut karena Diva Keroncong Indonesia itu sahabat saya mas, jadi kami ikut memeriahkan dan semoga kedepannya kebersamaan ini bisa berlanjut diacara lainnya,” kata Sriyanti.

Kemudian masih menurutnya lagi, “nama kesenian karawitan Gresek Laras yang mempunyai basecame di Jakarta Timur, asal mula nama kesenian karawitan Gresek Laras, yaitu, pada saat Ki Sambowo (seorang dalang-red) mau pentas wayang kulit, teryata harus gresek-gresek (dalam bahasa Indonesia mencari anggota  seadanya dan yang masih tersisa) tenaga karawitannya, dikarenakan semua pengrawit sudah full job, karena hal itulah, kemudian dinamakan group kesenian karawitan Gresek Laras,” tambahnya.

Baca Juga  Kemeriahan Nusa Dua Fiesta
gresek-5
foto dok. mas dimas/batas.id/edi p

Di dengar memang cukup aneh ya nama group kesenian Gresek Laras??

Tapi dari segi kwalitas, group Gresek Laras memang sangat luar biasa, karena didukung seniman dan seniwati yang handal dan profesional serta berpengalaman.

Tentunya tidak diragukan lagi, penampilan dalam pentas event apapun bersama Gresek Laras karena didukung oleh seniman seniwati yang kenyang dengan pengalaman.

Group Karawitan ini sebagian anggotanya terdiri dari Ki Sambowo, Sutendri Yusuf, Lasno, Ramlan, Bagyo, Tono, Sumardi, Sriyanti, Sri Lestari dan sinden muda Wahyu EP, dan lainya, yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

gresek-1
foto dok. mas dimas/batas.id/edi p

Selanjutnya dalam nguri-uri budaya asli Indonesia,  Karawitan “Gresek Laras” tentunya berkomitmen agar warisan budaya Indonesia tetap dilestarikan agar tidak punah di negeri sendiri.

Baca Juga  Pesona Sabang dan Destinasi Wisata Barat Indonesia

Edi Purnomo-batas.id