Pasar Cikupa

Batas.id~TAGERANG – Kotor dan bau serta jorok itulah kesan pertama yang terlintas dibenak ketika masuk kedalam pasar tradisional pada umumnya. Berbeda dengan pasar modern atau bahkan supermarket yang menyajikan suasana belanja dengan bersih dan nyaman  baik tempat maupun dagangannya. Kedua tempat belanja tersebut sekaligus memberi cap secara tidak langsung kepada para pengunjungnya terhadap kelas masing masing. Kelas bawah atau identik dengan rakyat kecil sering dan bahkan merupakan kebutuhan pokok jika harus pergi kepasar tradisional untuk memenuhi kebutahan  belanja sehari harinya. Sedangkan bagi kelas menengah, supermarket biasanya dijadikan tujuan pokok untuk memenuhi belanja kebutuhan sehari harinya. Tentu saja untuk kedua pembanding tersebut bisa dirasakan hanya ketika kita berada dikota karena pada umumnya dipedesaan akan sangat jarang bahkan belum ada yang namanya supermarket.

Baca Juga  Penamparan Petugas Avsec Bandara Terjadi Lagi 

Terlepas dari kedua hal diatas,  penulis menemukan satu hal tersendiri ketika sedang berada ditengah tengah pasar tradisional cikupa Tangerang, jelang idul adha 2016.  Satu hari jelang hari raya idul adha 2016 pasar cikupa terlihat lebih ramai dibanding hari hari biasanya. Keramaian ini terlihat dari padatnya pengunjung pasar mulai dari tempat parkir motor hingga tengah tengah pasar. Kepadatan terfokus ditempat jualan bumbu dapur dan ikan Serta ayam potong dikarenakan tradisi masyarakat sekitar yang biasanya mengadakan acara masak besar menyambut datangnya hari raya idul adha.  Sahutan candaan antar pedagang dan kerasnya suara pedagang menawarkan dagangannya memberi suasana tersendiri ketika berada didalam pasar tersebut. Tawar menawar disertai rayuan dari ibu ibu melengkapi tawa tawa riang ketika seorang ibu menawar seekor ayam yang dikatainya harga ayam tersebut murah karena tidak sekalian sama bulunya. Tidak hanya berhenti disitu saja, rentetan sautan sautan dari pedagang lainnya ikut menambah suasana ceria ditengah tengah lalat yang berterbangan dimana mana.

Baca Juga  Aksi Demo Buruh Tangerang mewarnai Hari Pahlawan Nasional
Transaksi Jual Beli
Transaksi Jual Beli

Rakyat kecil dengan segala keberadaanya yang mampu memposisikan diri dengan mendapatkan haknya sebagai rakyat kecil ternyata bisa mendapatkan sebuah keceriaan walau hanya sekedar belanja ditengah pasar tradisional. Hal ini juga yang tidak akan pernah didapatkan ketika kita belanja disupermarket swalayan bahkan mall sekalipun. Mereka akan disibukkan dengan kepentingan masing masing tanpa adanya interaksi berlebih antara penjual dan pembeli.

ES-batas.id