​BATAS.ID-Jakarta-Tahun ini Malaysia menjadi tuan rumah Sea Games 2017. Pertandingan olah raga seperti ini sejatinya dibuat untuk memperat persaudaraan dan mengembangkan bakat serta menjunjung tinggi sportifitas. Namun tak sesuai dengan harapan karena Sea Games tahun ini tercoreng oleh beberapa kejadian yang kurang mengenakkan bagi beberapa tamu, terutama Indonesia. 


Seperti berita lokal yang telah beredar sepekan ini Malaysia dianggap/diduga beberapa kali melakukan kecurangan dan wasit dianggap kerap kali berat sebelah terhadap tim tuan rumah. Puncaknya hingga dalam pertandingan sepak takraw putri, tim dari Indonesia memilih Walk Out. 
Tak hanya itu, kesalahan fatal yang melukai hati rakyat Indonesia pun terjadi dengan adanya kesalahan pada terbaliknya bendera Indonesia yang dicetak dalam buku panduan Sea Games 2017. Bendera Indonesia yang seharusnya berwarna merah-putih dicetak dengan warna putih-merah. 


Hari ini Kemenlu Indonesia mengadakan karnaval di CFD. Karnaval tersebut diadakan dalam rangka memperingati hari jadi organisasi ASEAN ke 50. Perwakilan seluruh Negara ASEAN tentunya ikut merayakan dan salah satunya adalah Malaysia. 


Penonton memadati jalan dan sangat antusias dengan penampilan-penampilan dari berbagai negara dan perhimpunan serta kementerian tersebut, namun saat kelompok Malaysia lewat dan beberapa anak-anak Indonesia yang memegangi giant flag/bendera Malaysia melewati barisan ibu-ibu  yang mungkin tersinggung dengan kejadian di Asean Games, mereka meneriaki rombongan sambil mempertanyakan :

“Kok benderanya gak dibalik???” 

“Benderanya dibalik dong!” 

Memang ada-ada saja ulah ibu-ibu, selain populer dengan ‘send kanan beloknya ke kiri’ banyak lagi hal-hal viral yang terjadi berkat The Power Of Emak-Emak (ibu-ibu).

DIJEH-BATAS.ID