batas.id~TANGERANG-Minggu sore (05/03/17) muncul fenomena yang bagi sebagian orang dirasa menjadi hal yang langka dan unik bahkan aneh. Peristiwa ini menjadi heboh karena beberapa orang sengaja mengabadikan menjadi foto dan kemudian di unggah ke media sosial facebook.

Peristiwa tersebut adalah dimana langit terlihat terbelah dengan garis lurus yang memanjang. Hal ini sebenarnya disebabkan oleh efek sinar matahari yang tertutup oleh awan atau obyek lainnya seperti Crepuscular Rays, namun terlihat diarah yang berlawanan dengan matahari dan biasanya hal ini terjadi pada sore hari jelang senja. Para ilmuwan mengenal fenomena ini dengan sebutan Anti Crepuscular Ray (Sinar Krepuskular).

Tidak semua orang bisa melihat peristiwa ini walau berada pada waktu yang sama. Posisi matahari dan awan yang menutupi pada suatu wilayah ikut menentukan sebab terjadinya fenomena unik ini.

Baca Juga  Yasinan di Tetangga, Motor Bores di Gondol Maling
Fenomena Anti Crepuscular Rays yang terjadi di langit tangerang dan sekitarnya pada 05 Maret 2017 / Foto : Upload facebook / Edy sw

Anti Crepuscular Ray kali ini berhasil diabadikan oleh nitizen yang kebanyakan memberikan keterangan wilayah di Tangerang. Seperti yang di unggah oleh beberapa akun facebook

@IntanOhyaudah : “Begitu indahnya awan ini, sampai ramai se Tangerang.

@Antonius Soemaryoto : Fenomena alam awan terbelah 2..Tangerang.

@Loopy Snoopy : Fenomena awan diatas langit Tangerang sore ini, Subhanallah.

Anti Crepuscular Rays diambil dari sisi lain / Foto : Upload facebook / Edy sw

Selain di Tangerang, Anti Crepuscular Ray juga sempat terjadi di lagit kota Sumedang pada 18 April 2014, setelah sebelumnya juga terjadi pada tahun 2007 di langit Thailand dan Dakota Selatan, Amerika Serikat. (Edy.sw)