BATAS.ID~Solo- Mungkin Anda sering mendengar bahwa air beras sangat baik untuk kesehatan. Biasanya para orang tua sering memberikan air beras kepada buah hati mereka, di mana air beras ini dipercaya dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh.

Air beras merupakan air cucian beras yang mengandung tepung, di mana beras memiliki kandungan pati sebesar 75 hingga 80 persen. Dikutip dari Medical News Today, air beras diduga mengandung vitamin dan mineral yang sama yang terkandung dalam beras yaitu Asam Amino, Vitamin B, Vitamin E, Mineral dan Anti Oksidan.

Photo From Merdeka.com

Air cucian beras ini sendiri tidak hanya dapat menyehatkan tubuh saja tetapi juga dapat menjaga kesehatan rambut. Air beras inilah yang menjadi rahasia kecantikan rambut wanita Jepang semenjak dahulu kala.

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk memastikan manfaat air beras untuk kesehatan rambut. Ada beberapa penelitian yang menghasilkan bahwa air beras dapat menjaga rambut dari kerusakan yang akan terjadi di masa depan bahkan juga dapat menjaga keelastisan rambut. Namun, hingga saat ini sendiri penelitan manfaat air beras untuk kesehatan rambut masih terus dilakukan.

Untuk mendapatkan air beras ini sendiri sangatlah mudah, di mana ada 3 cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan cara mencuci dan menyaring air beras, difermentasikan serta memasak air beras.

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan mencuci dan menyaring air beras. Anda cukup menyiapkan ½ mangkuk beras dan cuci hingga bersih, lalu tambahkan air 2-3 gelas dan diamkan selama 30 menit. Jika sudah, maka Anda dapar memisahkan beras dan airnya.

Banyak juga yang percaya bahwa air beras yang sudah difermentasikan mengandung lebih banyak khasiat yang lebih baik. Antioksidan yang terkandung pada air beras yang sudah difermentasikan sangatlah tinggi di mana hal ini dipercaya dapat melindungi rambut dari kerusakan dan dapat memperbaiki kondisi kulit kepala. Untuk memfermantasikan air beras ini cukup mudah, Anda dapat mengikuti cara sebelumnya. Namun, sebelum disaring atau dipisahkan Anda harus mendiamkan air dan beras selama 2 hari penuh dalam suhu ruangan lalu baru Anda saring untuk mendapatkan air beras yang sudah difermentasikan.

Untuk cara ketiga ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat yaitu dengan memasaknya. Anda cukup mengambil ½ gelas beras lalu tambahkan 2 kali lipat air dan panaskan. Setelah itu tunggu hingga mendidih baru Anda dapat pisahkan atau saring air beras tersebut.

Cara Pakai Air Beras Untuk Rambut

Bagi Anda yang ingin mendapatkan rambut sehat dengan menggunakan air beras ini sangatlah mudah. Berikut ini adalah caranya :

  1. Keramaslah seperti biasa dengan menggunakan shampoo
  2. Bersihkan rambut menggunakan air biasa dari shampoo dan sebisa mungkin tidak ada sisa shampoo yang menempel
  3. Setelah rambut bersih dari shampoo, siramkan air beras ke seluruh bagian rambut termasuk kulit kepala.
  4. Pijat kulit kepala dengan lembut lalu diamkan selama 30 menit.
  5. Setelah itu, bersihkan rambut dari air beras dengan menggunakan air biasa

Itu adalah cara menggunakan air beras untuk mencuci rambut, di mana jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal lebih baik melakukan perawatan ini seminggu 2 kali.

Banyak sekali orang yang telah melakukan perawatan rambut menggunakan air beras ini dan mereka menyatakan bahwa rambut terasa semakin tebal dan juga kuat. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan air beras dalam menjaga kesehatan rambut Anda.

Sumber : Hellosehat.com

Dina Meidiana-BATAS.ID