Siswa SMK Jenawi Memberikan Bantuan Air Bersih Kepada Warga/ Rudianto

BATAS.ID~Sukoharjo–Inspirasi ari Siswa SMK, Prihatin dengan bencana kekeringan di sejumlah wilayah, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMK Negeri Jenawi menyumbang 6 tangki air bersih ke Dukuh Watu Lumbung Desa Watu Bonang, Senin 15/101/2019.

“ Sumbangan air bersih ini hasil iuran dari siswa siswi di tambah bantuan dari bapak ibu guru smk negeri jenawi,”jelas Irsyad Ketua OSIS SMK Negeri Jenawi Karanganyar.

Aksi peduli kekeringan ini sendiri bermula dari rasa keprihatinan banyaknya pemberitaan dan informasi kekeringan di media massa maupun media sosial.
“awalnya hanya inisiatif internal osis saja, tapi ternyata didukung oleh bapak ibu yang dimana juga ikut iuran membantu kami,”ujarnya.


Setelah dari sukoharjo, Kata Irsyad, aksi peduli kekeringan juga akan menyasar ke wilayah Karanganyar dan Kabupaten Sragen.

“untuk karanganyar kami sudah ada target lokasinya, tapi soal waktu dan berapa jumlah air yang akan kami droping, akan kami rapatkan dengan temen temen dulu dan tentu saja meminta saran dan petunjuk dari bapak ibu guru”.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Jenawi, Harsono menyampaikan, Gerakan Bersama Peduli Kemanusiaan ini memang murni ide dari Siwa. Melihat semangat dan antusias dari siswa, kemudian pihak guru mendorong dan mendukung sepenuhnya terlebih kegiatan ini untuk membantu saudara yang mengalami kekeringan.

”tidak hanya bangga kami juga terharu melihat semangat anak anak, jadi kami dari guru juga ikut iuran dan berpartisipasi kegiatan anak anak ini” ungkap Pak Wakasek.

Kepala BPBD Sukoharjo Sri Maryanto mengatakan, kekeringan ini sudah berlangsung selama 6 bulan. Dari pemerintah sukoharjo melalui BPBD sudah menyiapkan bantuan air bersih. Menurut data BPBD, Dari 3 kecamatan terdampat 16 desa dan yang paling besar di kecamatan Weru ada 11 desa, Tawangsari 2 desa, di Weru 3 desa dengan dampak 71 dukuh 131 RT dan 63 .

“ kalau total yang terdampak kekeringan ada 9.915 warga dan 19.923 jiwa” .

RUDIANTO