Dengan didampingi kepala desa dan tksk, pengurus kube menggelar pengguliran kambing/foto : gunawan w-ris ©batas.id

batas.id~WONOGIRI-Senin (2/1/2017) KUBE Watulumbung di RT. 02/RW. 03 Dusun Pucung, Desa Pucung, membantu fakir miskin dengan menggulirkan kambing, yang didampingi oleh Kepala Desa dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Pengguliran kambing tersebut berawal dari adanya bantuan dari APBD Kabupaten Wonogiri kepada Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Watulumbung, sekitar tiga tahun yang lalu. Bantuan kambing sengaja diperuntukkan bagi Kecamatan Kismantoro yang kondisi geografisnya pegunungan sangat cocok untuk pemeliharaan kambing jenis Peranakan Ettawa (PE) salah satunya di Desa Pucung.

Nampak beberapa ekor kambing yang akan digulirkan/foto : gunawan w-ris ©batas.id
Nampak beberapa ekor kambing yang akan digulirkan/foto : gunawan w-ris ©batas.id

Desa Pucung pernah menerima bantuan dari pemerintah lewat dinas terkait Kabupaten Wonogiri, berupa modal usaha dalam program penanggulangan dan pemberdayaan fakir miskin melalui KUBE Fakir Miskin.

Masyarakat penerima sangat antusias dan berusaha untuk merawatnya sampai bisa berkembang dengan pesat dan kini sudah bisa menggulirkan ke fakir miskin yang lainnya.

Menurut Tukiran, salah satu dari anggota Kube Watulumbung menyatakan, dengan adanya Kube, masyarakat Dusun Pucung sangat terbantu. “Terutama untuk penambahan ekonomi bagi anggota kube fm, Mudah-mudahan Kube-kube yang seperti ini bisa menjamur di Kecamatan Kismantoro. (gun/rismianto)