BATAS.ID~Jakarta-Sudah menjadi tugas pokok keseharian anggota satuan pengamanan (satpam) dalam rangka menjaga dan menyelenggarakan kegiatan Pam Swakarsa pada area terbatas, kesiap-siagaan dalam berbagai kondisi selalu menjadi tuntutan yang utama,baik disaat hari-hari kerja maupun libur.

Profesi Satuan Pengamanan (SATPAM) yang tidak banyak diminati oleh masyarakat dengan tingkat resiko tinggi dan upah yang di terima sesuai UMP daerah setempat, dan kadang kala dianggap sebelah mata dan sering mendapatkan cibiran, namun demikian menjadi anggota SATPAM merupakan kebanggaan tersendiri bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tangggug jawab.

Bukan itu aja, tugas seorang satpan seringkali mengabaikan keluarganya, seperti saat lebaran, tetap melakukan tugas pengamanan, meski orang lain hiruk pikuk mudik untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Meski demikian profesi ini patut dibanggakan, sesungguhnya tugas satuan pemgaman adalah mulia. Seperti Subagyo(42) anggota satuan pengaman komplek Bidakara, mengaku bangga dengan profesinya saat ini. ” karena ini tugas yang mulia” kata Subagyo.

Subagyo bersama rekan-rekannya merelakan berlebaran dalam tugas pengamanan, sebagai tanggung jawabnya ia merelakan tetap menjaga area kerjanya disaat lebaran.” Ya beginilah lebarannya satpam” serunya.

DENIS PRIWANDA