Leica CL, Kamera Masa Kini yang Tampil Tradisional


  • Leica CL merupakan penerus dari Leica TL2 tahun lalu yang kini hadir dengan desain bodi lebih tradisional.
  • “Leica CL menghadirkan pengalaman baru memotret dengan kamera berdimensi ringkas.”

 

Leica Store Indonesia mengumumkan ketersediaan kamera digital Leica CL, sebuah kamera mirrorless dengan sensor APS-C 24 MP yang diumumkan secara global pada November tahun lalu. Leica CL merupakan penerus dari Leica TL2 dan kini hadir dengan desain bodi lebih tradisional. Leica TL2 dan Leica CL menjadi dua kamera Leica yang beroperasi menggunakan sistem Leica APS-C. Ukuran sensor APS-C memungkinkan Leica menghadirkan kamera mirrorless dengan desain ringkas.

 

 

“Leica CL menghadirkan pengalaman baru memotret dengan kamera berdimensi ringkas karena ia menawarkan pengoperasian kamera yang mudah digunakan sekaligus mempertahankan desain ikonik kamera Leica,” kata Bernard Suwanto, Direktur Leica Store Indonesia.

Jendela bidik elektronik berteknologi EyeRes menjadi fitur unggulan baru yang ditawarkan Leica CL. Viewfinder elektronik berteknologi EyeRes tersebut merupakan pembeda terbesar dibandingkan dengan pendahulunya.

Leica mengklaim telah mengembangkannya khusus untuk kamera ini. Viewfinder EyeRes menyajikan resolusi 2,36 juta piksel  yang menawarkan pengalaman pandang memikat serta tampilan secara real-time foto yang akan Anda potret.

Sensor CMOS 24 MP dipasangkan dengan prosesor gambar Maestro II dan dukungan otofokus responsif dengan 49 titik AF serta pemotretan kontinyu hingga 10 FPS. Leica CL menawarkan sensitivitas ISO mulai 100 hingga 50.000 dan mendukung format file RAW standar internasional yakni DNG.

Untuk perekaman video, Leica CL mampu merekam video 4K/30p. Seperti yang disinggung sebelumnya, Leica CL hadir dengan penampilan tradisional berkat dua dial eksposur di atas bodi, tombol fisik untuk mengakses menu, dan kontroler 4-arah. Di belakang, tersedia layar LCD berkemampuan sentuh.

Leica CL menggunakan mount lensa L-Bayonet yang digunakan pula pada Leica TL dan SL-System, maka lensa SL bisa digunakan tanpa memerlukan adaptor. Bagi pemilik lensa Leica M dan R, pengguna bisa menggunakan adaptor.

Jajaran lensa seperti tiga lensa zoom yakni Super-Vario-Elmar-TL 1:3.5-4.5/11-23 ASPH., Vario-Elmar-TL 1:3.5-5.6/1.8-56 ASPH, dan APO-Vario-Elmar-TL 1:3.5-4.5/55-135 ASPH, serta empat lensa prime yakni Elmarit-TL 1:2.8/18 ASPH., Summicron-TL 1:2/23 ASPH, Summilux-TL 1:1.4/35 ASPH, dan APO-Macro-Elmarit TL 1:2.8/60 ASPH siap mendampingi Leica CL.

Seperti kamera digital masa kini, Leica CL menyediakan opsi konektivitas nirkabel melalui Wi-Fi untuk mengirimkan foto dan video ke smartphone, tablet, atau komputer dengan cepat dan mudah. Dukungan aplikasi Leica CL untuk iOS dan Android akan memudahkan pengguna berbagi foto di situs jejaring sosial.

Leica CL telah tersedia di Leica Store Indonesia. Setiap pembelian Leica CL, pembeli akan mendapatkan Leica Protection Plan yang merupakan layanan perlindungan kamera dari kerusakan tidak disengaja dan kerusakan karena terkena cairan yang berlaku selama 1 tahun.

—Andrianto, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Leica

 

Artikel Asli