• Banyak bisnis yang bermula dari garasi tiba-tiba melejit berkat pemanfaatan ranah digital yang ampuh.
  • Bisnis-bisnis lokal di Indonesia pun berpeluang besar untuk sukses.

 

BATAS.ID~JAKARTA – Dunia maya telah memangkas banyak hal yang menjadi kelaziman pada dunia nyata. Bahkan, kini dunia nyata justru berbalik tergantung pada dunia maya yang terkoneksi satu sama lain tanpa mengenal jarak dan waktu.

Beralihnya kultur masyarakat dunia itu secara otomatis mendorong para pebisnis mengubah orientasi bisnisnya menjadi lebih ramah digital, sekalipun itu skala lokal. Sudah banyak pebisnis yang tiba-tiba melejit berkat kepiawaiannya memanfaatkan koneksi digital.

Dalam Seminar “Digital Photography and Marketing”, pendiri dan CEO Kelola Digital Inc. Ari Nugrahanto menyatakan sudah banyak contoh bisnis yang diawali dari garasi bisa meraih permintaan tertinggi dari pasar global. “Dan, bisnis-bisnis lokal di Indonesia mempunyai peluang besar untuk sukses melalui ranah digital,” katanya di Jakarta, Sabtu (17/6).

 

Sukses di bisnis digital harus menjadi visi perusahaan dalam memasarkan produk dan mereknya. Menurut Ari, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melatih tim di bisnis masing-masing tentang ilmu dasar digital, salah satunya konten dan pengelolaan aset digital seperti website, media sosial, dan aplikasi mobile.

Kedua, pengetahuan dasar mengenai digital marketing, yaitu bagaimana mendongkrak tingkat engagement dan pencarian di search engine. Di hadapan peserta dari Perhimpunan Walaraba dan Lisensi Indonesia, Komunitas Tangan di Atas, dan Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia, Ari pun memberi kiat-kiat praktis bagaimana sebuah bisnis menduduki peringkat 10 besar di situs pencari tanpa harus selalu menerapkan search engine optimization. ●

NRP-BATAS.ID| TechnoBusiness ID | Foto-Foto: Kelola Digital