Jakarta, TechnoBusiness ID ● Gempa bumi bermagnitudo 7,0 Skala Richter yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya pada Minggu (5/8) malam telah meluluhlantakkan rumah dan infrastruktur yang ada, termasuk jaringan telekomunikasi dan internet.

Untuk itu, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) sebagai penyedia komunikasi data, internet, dan layanan teknologi informasi memberikan bantuan dengan menyediakan sarana layanan internet menggunakan antena penerima sinyal dari satelit (VSAT) di Posko Penanganan Bencana yang berlokasi di Kantor Bupati Lombok Utara.

Baca Juga: Skyegrid, Platform Game Streaming Android Pertama

Suci Andrini, Corporate Communication Manager Lintasarta, mengatakan, “Sarana koneksi internet itu bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berada di posko, termasuk kalangan media, sebagai sarana komunikasi untuk mendukung penanganan bencana”.

Baca Juga  Harga Bitcoin Anjlok 40%, Ini Penyebabnya

Selain jaringan VSAT dari Lintasarta, jaringan VSAT portabel dengan kapasitas 1 MB dan telepon satelit juga disediakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi.

Sebelumnya, Menteri Kominfo Rudiantara meminta tim kementerian dan operator-operator telekomunikasi untuk memberikan prioritas dukungan telekomunikasi dan pemulihan jarigan di lokasi-lokasi pos koordinasi dan tempat pengungsian.●

—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto: Lintasarta

The post Lintasarta Gelar Jaringan Internet di Lokasi Gempa Lombok appeared first on TechnoBusiness ID.

Artikel Asli