BATAS.ID~Pacitan~Longsor secara menyeluruh di pegunungan utara wilayah kabupaten Pacitan yang meliputi kecamatan Nawangan dan Kecamatan Bandar, di kedua kecamatan yang berada di sisi utara dan pegunungan terjal ini sangat parah akses jalan terputus dan  banyak rumah warga longsor, seperti di sampaikan Lancur Susanto.S.sos via Facebook.

 “Korban Tanah longsor juga terjadi secara menyeluruh di wilayah kecamatan Nawangan dan Bandar” tulisnya.

Hingga saat ini wilayah kecamatan Nawangan masih terisolir, jalan menuju lokasi dari arah selatan/kota Pacitan via Arjosari terputus di beberapa titik, begitu juga akses dari utara dan timur via Purwantoro-Kismantoro- Pakis Baru juga terputus akibat longsor di beberapa titik salah satunya di desa Ngromo yang cukup parah. ” Dan kondisi saat ini wilayah tersebut sangat terisolir karena jalan dari segala penjuru juga tertutup bencana, juga akses komonikasi sangat sulit dan PLN juga belum menyala” kata Lancur.

Baca Juga  Info Orang Hilang
Kondisi jalan yang terputus di Kecamatan Nawangan/batas.id

Longsor yang terjadi di Kecamatan Nawangan baik yang memutus akses jalan maupun menimpa rumah warga hampir di seluruh desa, mulai dari desa Gondang, Nawangan, Jetislor, Tokawi dan desa Penggung.

Di desa Penggung longsor menimpa rumah warga hingga rusak parah  dan  mengakibatkan dua warga meninggal dunia tertimbun longsor, sejak 28 /11 lalu belum bisa di evakuasi, Karena parahnya longsor,cuaca dan keterbatasan peralatan, namun warga masih bergotong royong berusaha mengevakuasi, yang langsung di pimpin kepala desa Penggung, Bolo Winarso.

Rumah warga desa Penggung yang longsor/batas.id/bolo winarso

Menurut penjelasan anggota DPRD Pacitan yang aktif membantu warga Penggung ini, Lancur Susanto.S.sos, untuk memudahkan penyaluran bantuan dan evakuasi warga, disiapkan posko-posko. “Kondisi saat ini warga masih di posko-posko yang tersebar di 3 dusun, dusun Petonggero Bawah, dusun Sengon dan dusun Penggung” jelas Lancur.

Baca Juga  Pacitan bagai Berlian

NRP|Foto:Bolo Winarso