BATAS.ID~Jakarta–Pelaksanaan uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknik Pendingin dan Tata Udara (LSPTPTU) bekerja sama dengan tempat uji komoetesi (TUK) Daikin National Training Centre yang dilaksanakan selama dua hari, 26-27 Maret 2019 selesai hari ini.

Uju kompetensi yang diikuti 20 asesi ini, mengujikan 13 elemen kompetesi dasar teknisi pendingin dan tata udara, baik teori maupun praktek.

Ke-20 peserta dinyatakan lulus dan menguasai materi mulai dari penggunaan alat pelindung diri (APD) hingga mengosongkan refrigrant mesin pendingin, untuk mencegah refrigrant terlepas ke atmosfer (retrofit atau recovery).

“Seluruh peserta lulus, mereka sudah menguasi komponen yang diujikan, karna mereka sudah berprofesi sebagai teknisi dan berpengalaman di lapangan sehinga mampu mengikuti uji kompetensi ini” beber Pujiono ketua pelaksana ujikom perdana LSP TPTU ini.

Baca Juga  Manfaatkan Teknologi Artificial Intelligence, Lyke Kembangkan Lyke Image Search

H.Nur Ekhwan, Ketua LSP TPTU mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi ini akan dilakukan terus kedepan secara bertahap untuk mewujudkan gerakan Indonesia kompeten.

” Ini ujikom pertama kami, kedepan kami akan terus melaksanakan uji kompetesi, mempersiapkan teknisi handal,berkompeten dan mampu bersaing di dunia kerja” ungkanya saat di Daikin NTSC Sunter usai ujikom.

Lanjut dia, kami akan melaksanakan uji komoetesi dan sertifikasi kepada teknisi-teknisi Indonesia untuk mendukung gerakan Indonesia kompeten dan teknisi Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam menghadapai masyarakat ekonomi asean (MEA).

Sebelumnya 20 asesi ini merupakan hasil penjaringan dari pelatihan materi okupasi teknik pendingin dan tata udara awal bulan lalu, yang diikuti 30 peserta yang terdiri dari 15 orang teknisi anggota APITU Indonesia dan sisanya dari teknisi mitra Daikin dari seluruh Indonesia.

Baca Juga  Di Duga Mabuk, Pengemudi Pickup Hantam Truk

NRP