​batas.id~JAKARTA-Hari ini tanggal 15 Februari 2017, Tempat Pemungutan Suara (TPS) adalah tempat paling dicari dan dikunjungi oleh hampir seluruh warga di 101 daerah di Indonesia karena hari ini sedang digelar Pilkada serentak untuk menentukan pimpinan daerahnya masing-masing.

Warga dan perangkat pemerintahan dari tingkat Propinsi/Kota hingga tingkat RT didampingi petugas pemilukada-pun mempersiapkan segala hal demi terselenggaranya pilkada ini dengan baik.

Selain data dan kelengkapan administraif, sarana dan prasarana adalah hal yang wajib dipersiapkan dengan baik. Salah satunya adalah TPS. Berikut kami akan merangkum serba-serbi TPS di daerah Jakarta Barat:
1. TPS Mewah

Bila lazimnya tenda dan hall digunakan untuk menggelar acara hajatan/pesta, kali ini di beberapa TPS juga tak mau kalah. Walaupun dalam hanya acara ‘pesta demokrasi rakyat’ namun TPS ini tak mau kalah dengan memberikan kenyamanan berupa TPS yang layak dan memadai. Seperti TPS dibawah ini :

TPS lengkap dan nyaman/foto: dijeh ©batas.id

2. TPS sederhana

Entah karena dana atau kurangnya persiapan, TPS ini terbilang ‘kurang modal’ karena hanya disiapkan tempat seadanya dan tidak memberikan kenyamanan kepada para pemilih dan terkesan tidak mempedulikan kerahasiaan pemilih karena tempatnya kurang tertutup dan memungkinkan siapa saja untuk dapat melihat proses pencoblosan.

TPS Sederhana/ foto: dijeh ©batas.id

3. TPS Ngeselin

Ada beberapa kategori TPS ‘ngeselin’ bukan karena petugasnya yang kurang sigap atau kurang ramah, tetapi lokasi TPS tersebut. Di beberapa daerah ada yang membuat TPS di tengah jalan umum. Hal ini jelas menyebalkan (ngeselin) karena hal tersebut mengganggu ketertiban dan mengganggu pengendara yang ingin melewati tempat tersebut. Terlebih disekitar lokasi ada tempat lain yang bisa digunakan, seperti halaman sekolah swasta (jika dijiinkan pengelola) dan parkiran mobil yang cukup luas.

TPS di Tengah Jalan/ foto: dijeh ©batas.id

Bagaimana kategori TPS di tempatmu?? (dijeh)