BATAS.ID~Solo- Mungkin ada beberapa dari Anda yang menyukai kucing, di mana tentu saja ada banyak sekali orang yang memilih untuk memelihara hewan yang terkenal akan keimutannya ini. Namun, tahukah Anda bahwa memelihara kucing dapat membantu menjaga mental Anda untuk tetap sehat dan berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika Anda memelihara kucing di rumah.

Melepas Oktosin Dalam Tubuh

Dilansir dari easyologypets.com, memelihara kucing di rumah dapat melepas hormone oktosin pada tubuh. Hormone oktosin adalah salah satu hormone yang akan memberikan perasaan rileks dan tenang pada tubuh. Di mana dengan adannya peningkatan pada hormone ini di dalam tubuh maka dapat dipastikan Anda dapat melepas stress dan juga perasaan tidak tenang.

Kemampuan Bersosialisasi Akan Meningkat

Hewan seperti kucing sendiri mempunyai kepekaann terhadap emosi tuannya. Dengan memperhatikan respon kucing kepada kita, maka Anda akan mempelajari cara membaca emosi pada kucing. Hal ini tentu saja akan sangat membantu Anda dalam merespon emosi kita sendiri dan juga orang lain. Jika kita dapat mengetahui emosi yang dirasakan, tentu saja makan sangat mudah mengontrol semua emosi yang dirasakan sehingga dapat dengan mudah bersosialisasi kepada orang lain. Hal ini sangatlah penting agar Anda dapat selalu tetap tenang dan tidak mendapatkan stress yang berlebihan.

photo from kucing-info.com

Mengendalikan Amarah

Bermain dengan kucing peliharaan sendiri ternyata akan membantu Anda untuk tenang. Ini dikarenakan saat Anda bermain dengan kucin,  maka Anda sedang mencoba menenangkan si kucing. Kegiatan ini tentu saja ternyata juga mampu membuat Anda selalu tenang dan juga mampu mengontrol emosi seperti amarah.

Purring Kucing Mampu Memberikan Ketenangan

Jika Anda pernah mengelus atau mengajak bermain seekor kucing, maka Anda akan mendengar suara dengkurannya atau biasa disebut dengan purring. Setiap kucing pasti akan mendengkur pada saat mendapatkan kenyamanan, di mana dengkuran ini dapat menenangkan Anda. Purring pada kucing mempunyai frekuensi suara pada rentang 20-50 Hertz di mana ternyata mempunyai manfaat pada kesehatan, seperti meningkatnya kepadatan tulang, meredakan rasa sakit, dan mempercepat proses pemulihan otot dan tendon.

Mengatasi Kesepian

Sebagai seorang manusia, ada satu kebutuhan yaitu sentuhan yang membuat perasaan menjadi lebih tenang dan tidak merasakan kesepian. Dengan bermain bersama kucing dan mengelus lembut maka Anda sudah mendapatkan kebutuhan tersebut, sehingga perasaan kesepian ini dapat lepas dari diri Anda. Jika Anda memiliki masalah mental karena takut akan sentuhan, kucing dapat membantu Anda untuk tetap dalam keadaan tenang. Bermain dan mengelus kucing maka Anda akan merasakan cinta dan dicintai.

Sumber : Fimela.com

Dina Meidiana-BATAS.ID