• Laptop gaming Inspiron 15 Gaming besutan Dell ini disiapkan bagi segmen gaming kelas menengah.

• “Popularitas game PC saat ini berada di rekor tertinggi dengan angka penjualan global diprediksi akan menembus angka US$ 35 miliar di akhir 2018.”

 

BATAS.ID~JAKARTA – Pasar laptop gaming tanah air kian ramai dengan kehadiran Dell yang mengumumkan Inspiron 15 Gaming 7567, notebook gaming kelas menengah berspesifikasi mumpuni pada Selasa (04/04) di Exodus Lounge, Kuningan City Mall, Jakarta. Inspiron 15 Gaming 7567 dihadirkan Dell dengan beragam pilihan harga dan spesifikasi untuk menyasar gamer yang memiliki kebutuhan dan anggaran bervariasi.

“Pasar gaming global bertumbuh sangat pesat, baik hardware maupun software-nya, dan diprediksi akan mencapai US$35 miliar di akhir 2018,” ungkap Martin Wibisono, Consumer Country Director, Dell Indonesia yang mengutip hasil riset Jon Peddle Research (JPR). Ia menambahkan, dari segi segmen pasar gaming, sebarannya cukup merata mulai dari kelas pemula, menengah, hingga atas. Gaming kelas atas memang meraup porsi pasar tertinggi karena gamer menginginkan perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Hasil riset JPR juga mengungkapkan bahwa wilayah Asia Pasifik memimpin dalam pertumbuhan pasar hardware gaming PC dengan prediksi pertumbuhan per tahun mencapai 7% hingga 2019, dibandingkan dengan 6% di pasar global. Budaya gaming PC yang kuat, besarnya populasi, dan penyerapan konsol game yang rendah diyakini sebagai faktor pendorong.

Baca Juga  Jadilah yang Pertama Memainkan Black Desert Online

 

Indonesia merupakan pasar gaming terbesar di Asia Tenggara dengan proyeksi pendapatan mencapai US$840 juta tahun ini.–Newzoo

 

Bagaimana dengan pasar tanah air? Menurut data keluaran Newzoo, Indonesia merupakan pasar gaming terbesar di Asia Tenggara dengan proyeksi pendapatan mencapai US$840 juta tahun ini. Pertumbuhannya pun tergolong salah satu yang terbesar di dunia dengan proyeksi pertumbuhan 40% tahun ini dan total pasarnya bakal menyentuh US$1,6 miliar pada 2019. Indonesia juga termasuk ke dalam 20 negara teratas di dunia berdasarkan pendapatan game di 2016, tepatnya di ranking 17, di atas Malaysia, Belanda, dan Thailand.

Kelas Menengah Berperforma Tinggi

Dell bukan pemain baru di ranah gaming PC karena memiliki merek Alienware yang dikenal sebagai sistem gaming PC kelas atas. Namun, sepertinya Dell ingin menguji pasar terlebih dahulu dengan menghadirkan notebook gaming dari lini Inspiron yang merupakan lini notebook kelas menengah besutan Dell. Inspiron 15 Gaming 7567 dihadirkan Dell dalam empat model yang dibedakan oleh spesifikasi hardware dan tawaran harga mulai Rp. 12 juta-an hingga Rp. 18 juta untuk model tertinggi. Dengan demikian, Dell ingin menyasar rentang gamer lebih luas mulai dari kelas pemula hingga menengah.

Baca Juga  Inilah Rahasia Sukses UKM Masa Kini Versi Facebook

Dell menggunakan dua tipe prosesor pada Inspiron 15 Gaming 7567 yakni Intel Core i7 dan i5 generasi ketujuh (Kabylake) yakni Intel Core i7-7700HQ dan Intel Core i5-7300HQ. Untuk komponen kartu grafis yang penting saat menjalankan game didukung dengan NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti atau 1050 dan memori video GDDR5 4 GB. Memori RAM yang digunakan adalah tipe DDR4-2400 MHz dengan kapasitas bervariasi mulai 4 hingga 16 GB. Demikian pula dengan media penyimpanan, empat model Inspiron 15 Gaming 7567 dibekali dengan SSD dan hard disk, sedangkan satu model hanya menggunakan satu media penyimpanan tipe hard disk.

 

Notebook gaming ini dilengkapi fitur NVIDIA Battery Boost untuk memperpanjang daya tahan baterai saat menjalankan game.

 

Inspiron 15 Gaming 7567 dilengkapi dengan layar LCD 15,6 inci beresolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Komponen keyboard memiliki backlight yang membantu saat menggunakannya dalam kondisi cahaya remang serta memiliki fitur anti tumpahan cairan. Jajaran konektor di kedua sisi Inspiron 15 Gaming 7567 tergolong lengkap yakni port HDMI, tiga port USB 3.0, slot Card Reader, jack LAN RJ-45, dan jack headphone/mic 3,5 mm. Konektivitas nirkabel menggunakan dual-band Wi-Fi 802.11ac dan Bluetoth 4.2.

Baca Juga  Indeks Pengalaman Pelanggan Ritel Online Raksasa Masih Rendah

Dell melengkapi Inspiron 15 Gaming 7567 dengan baterai 6-sel berkapasitas 74 WHr ymang diklai mampu bertahan hingga 8 jam 39 menit. Notebook gaming ini dilengkapi pula dengan fitur NVIDIA Battery Boost untuk memperpanjang daya tahan baterai saat menjalankan game.

“Tanpa mengaktifkan fitur tersebut, Inspiron 15 Gaming hanya bertahan selama 58 menit saat menjalankan game, namun mampu bertahan hingga 3 jam 28 menit saat fitur NVIDIA Battery Boost diaktifkan,” ungkap Wiliam Hartoyo, Product Marketing Manager, Dell Indonesia.  Dell Inspiron 15 Gaming telah tersedia di Indonesia dan didukung oleh layanan Dell Premium Support bagi pengguna di lebih dari 333 kota di seluruh Indonesia.**

BATAS.ID/—Andrianto, TechnoBusiness IndonesiaFoto-Foto: TechnoBusiness