BATAS.ID~Jakarta—Pelukis bergaya ekpresionis, yang setiap karyanya merupakan sebuah expresi apa yang dirasakannya. Joko Sudibyo, atau yang akrab di sapa Masdibyo menggelar pameran tunggal ke-44 di Jakarta sejak 2 hingga 30 April 2018.

Sebanyak 62 karya Masdibyo di pamerkan di lobi Bakrie Tower, Kawasan Epicentrum Jalan R.H Rasuna Said Kuningan Jakarta. Pameran ini sendiri bertajuk “Kuating Katresnan” atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Kuatnya Cinta.

Pecinta Lukisan Masdibyo adalah orang-orang “Tumbuh”, Orang-orang yang eksistensinya dibentuk oleh proses yang panjang, Bukan Spekulan yang senang pada sesuatu yang instant. Lukisan Masdibyo tidak menjanjikan apa-apa termasuk keuntungan finansial bila setiap saat anda butuh uang dan menjualnya, namun masdibyo terus belajar dan berusaha agar yang mengoleksi tidak buang uang sia-sia, ungkapnya dalam Pameran tunggal ke 44 di Jakarta.

Baca Juga  Tiang Listrik Lebih Menarik

Pelukis Kelahiran Pacitan, Desa Mangunharjo, Arjosari ini meniti karir sejak mengenal “garis”, saat ia masih bersekolah di SMA N 271 Pacitan dengan membantu temannya membuat tugas lukisan dengan imbalan uang saku, membuat gambar vinyet untuk ilustrasi puisi dan seiring bertambahnya pengalaman, ia mengisi ruang kosong di Suara Karya Mingu dengan Rubrik Lukisan Potret Tokoh.

Masdibyo juga pernah mengenyam pendidikan di IKIP Negeri Surabaya jurusan seni rupa sebelum akhirnya juga ia menjadi guru karena menuruti keinginan orang tuanya. Namun pada akhirnya ia lebih memilih menjadi pelukis karena keinginan hati saya hanya ingin melukis, ungkapnya dalam Pameran ke 44 di Jakarta.

Prestasi yang pernah diraihnya pun ciamik, ditahun 1990 pernah terpilih mewakili pameran ASEAN dan pernah terpilih mengikuti Pameran di Bratislava Slovakia, Finalis kompetisi Philip Moris (1996), dan yang terakhir pernah menjadi finalis Kompetisi Indofood Art Award (2003).

Baca Juga  Jumlah Pengendara Motor Saat Mudik Lebaran Melonjak Naik

Karya pelukis ini pun sangat bernilai tinggi, tidak tanggung-tanggung beberapa pejabat tinggi, pengusaha ternama dan seniman pernah turut menjadi kolektor dari karya Masdibyo ini. Sebut saja nama Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI saat ini), Pramono Anung (Mantan Wakil Ketua DPR RI), Abu Rizal Bakrie, WS Rendra, Poppy Dharsono, Darwis Triadi dan lain sebagainya pernah menjadi kolektor lukisan tersebut.

Setelah pameran ini pun, Masdibyo sendiri berencana melakukan pameran kembali di Seoul Deju Gallery & National Gallery  Korea Selatan bulan juli mendatang, kurang lebih 30 lukisan akan dipamerkan digaleri tersebut.

 

 

NRP