photo from Alodokter

Mungkin bagi Anda yang sering kali melakukan perawatan pernah melihat orang menggunakan masker berwarna hitam yang biasa dikenal dengan masker activated charcoal. Jadi sebenarnya apa itu activated charcoal? Pada dasarnya activated charcoal adalah arang aktif yang biasanya digunakan untuk mengatasi keracunan, di mana bahan yang digunakan adalah campuran dari batu bara, kayu dan bahan lainnya.

Arang yang disebut aktif ini jika diproses menggunakan suhu tinggi dan dikombinasikan dengan gas dan zat oksidatif lainnya. Arang aktif ini sendiri dipercaya dapat menangani keracunan karena mampu menyerap zat kotor dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Arang aktif ini juga terdapat pori-pori dengan mengandung muatan lisrik negative, di mana kandungan inilah yang mampu menyerap kotoran, minyak dan debu yang menempel pada wajah.

Manfaat Masker Activated Charcoal Untuk Wajah

Menggunakan masker arang aktif ini sendiri dipercaya dapat membantu mengatasi beberapa masalah kulit wajah, salah satunya adalah dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah. Bagi Anda yang merasa memiliki wajah berminyak dapat menggunakan masker ini. Dengan menggunakan masker ini 2 kali dalam seminggu dipercaya dapat membuat wajah bebas dari minyak yang berlebih.

Selain itu, masker activated charcoal ini juga dapat mengatasi jerawat pada wajah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa hanya jerawat ringan yang mampu diatasi dengan menggunakan masker ini secara rutin, seperti jerawat blackhead, whitehead, dan pustule (jerawat merah yang berisi nanah). Sedangkan untuk jerawat batu atau jerawat yang dikarenakan hormone sama sekali tidak dapat diatasi dengan masker ini.

Cara Membuat Masker Charcoal Untuk Wajah Di Rumah

Masker Charcoal Dengan Sea Salt

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. ½ sendok makan arang aktif
  2. ½ sendok the air mawar
  3. ½ sendok makan garam laut murni

Cara membuat :

Anda hanya perlu mencampur semua bahan yang ada hingga tercampur, lalu oleskan ke wajah secara merata. Tunggu hingga mengering kira-kira sekitar 10 menit, kemudian lap wajah dengan menggunakan kain atau handuk bersih yang sudah dibasahi.

Bahan-bahan seperti garam laut murni sangat baik untuk melawan jerawat, sedangkan air mawar mampu melembabkan wajah serta melawan peradangan pada kulit. Sedangkan arang aktif dapat membantu membersihkan kulit dan juga sebagai detoksasi untuk kulit wajah.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Masker

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menggunakan masker wajah dari bahan arang aktif ini. Hal pertama adalah arang tidak dapat diserap melalui kulit tubuh, sehingga akan sangat aman untuk digunakan sebagai masker.

Namun, tetap saja Anda tidak dapat menggunakan masker ini dengan jangka waktu yang terlalu sering. Lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit ketika ingin menggunkan masker dari arang aktif ini.

Anda juga perlu melakukan tes alergi sebelum menggunakan masker activated charcoal ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan masker pada punggung tangan satu hari sebelum memakainya di wajah. Jika kulit merah dan terasa gatal ataupun panas berarti Anda tidak boleh menggunakannya karena itu adalah reaksi alergi yang timbul.

Hal yang terpenting adalah jangan sampai masker bubuk dari arang aktif ini terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan Anda, karena dapat menyebabkan mual dan muntah hingga komplikasi saluran pernapasan.

sumber : https://hellosehat.com