BATAS.ID~Solo- Kulit kering sering kali dialami oleh banyak orang yang mana biasanya juga dapat menyebabkan kulit bersisik dan juga pecah-pecah. Penyebab dari kulit kering ini sendiri banyak sekali mulai dari cuaca, kebiasaan ketika mandi, hingga faktor usia. Untuk mengatsinya sendiri biasanya orang akan memilih pelembab yang dijual di pasaran dari berbagai merk produk kecantikan. Namun, produk pelembab Ini sendiri tentu saja tidak selalu cocok terlebih dengan harganya yang mahal. Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi masalah kulit kering mungkin dapat memakai beberapa bahan alami yang sangat mudah ditemukan dan juga digunakan.

photo from koran-jakarta.com

4 Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Kering

  • Lidah Buaya

Sudah tidak tidak asing lagi jika lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Tidak hanya dapat mengobati sunburn, lidah buaya sanagat efektif untuk mengatasi masalah kulit kering. Lidah buaya juga mampu memperbaiki tekstur kulit agar dapat lebih halus.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, Anda dapat mengambil satu batang lidah buaya lalu belah menjadi dua dan keruk gelnya. Kemudian Anda dapat langsung mengoleskan pada kulit yang kering dan biarkan beberapa saat hingga meresap. Setelah itu, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan efek segar, Anda juga dapat memasukan gel lidah buaya ke kulkas sebelum digunakan.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk melembabkan kulit. Di mana dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam lemak jenuh yang bersifat melembutkan atau menghaluskan. Kandungan asam lemak inilah yang membuat minyak kelapa mampu meningkatkan cadangan air dalam lapisan kulit. Minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Cara menggunakannya sendiri sangatlah mudah, di mana Anda hanya tinggal membalurkan minyak kelapa pada bagian kulit yang kering dan diamkan beberapa saat hingga meresap sebelum dicuci menggunakan air bersih. Untuk hasil maksimal, Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebelum tidur.

  • Madu

Pemanis alami yang satu ini ternyata juga membantu mengatasi kulit kering. Selain memiliki  efek antiradang, antioksidan, dan antimikroba, banyak penelitian yang menyatakan bahwa madu juga memiliki sifat melembapkan dan menyembuhkan. Tidak hanya itu saja, madu juga dapat menjadi bahan alami yang dapat meningkatkan kesehatan kulit tubuh secara menyeluruh. Jadi, sudah tidak dapat dibantah lagi jika Madu mampu mengatasi kulit kering.

  • Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang mampu mengatasi kulit kering adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri mengandung vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk menggunakannya sendiri sangatlah mudah, di mana Anda dapat mengoleskan minyak ini pada kulit kering sebelum menggunakan pelembab. Anda juga dapat mengoleskan minyak zaitun ini keseluruh tubuh setengah jam sebelum mandi. Pijatlah bagian yang dioleskan dengan gerakan memutar dan juga lembut agar dapat meresap

Itu adalah beberapa bahan alami yang sangat mudah Anda dapatkan untuk mengatasi masalah kulit kering. Namun perlu Anda perhatikan, di mana pada kenyataanya tidak semua bahan alami dapat cocok digunakan. Jika Anda memiliki riwayat atau sedang mengalami sakit kulit, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Sumber : Hellosehat.com

Dina Meidiana-BATAS.ID