BATAS.ID~Karanganyar–Bulan Ramadan merupakan momen terbaik untuk berbuat kebaikan dengan berbagi kebahagiaan untuk menyambut lebaran, seperti yang dilakukan murid sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Karanganyar Jawa Tengah ini.

Siswa siswi SMK Negeri Ngargoyoso ini melakukan tindakan yang patut di contoh dan diapresiasi, pasalnya mereka mengumpulkan barang-barang bekas untuk di jual dan hasilnya disumbangkan kepada warga sekitar yang kurang mampu.

Kepala SMK Negeri Ngargoyoso, Sri Eka Lelana mengatakan,kegiatan ini merupakan aksi murni inisiatif dari muridnya. Ketika anak anak menyampaikan niat baik ini pihaknya langsung mendukung penuh. Dukungan ini di wujudkan dengan ikut memberikan barang yang tidak terpakai. “kebetulan kardus kami punya lumayan banyak, dan ternyata setelah dijual hasilnya lumayan” beber bu kepsek.

Baca Juga  Komitmen STKIP PGRI Ponorogo Menjadi Pelopor Kampus Literasi Indonesia

Pihak sekolah melihat ini sebuah langkah bagus untuk melatih mental sekaligus menumbuhkan nilai nilai sosial untuk siswa yang selaras dengan ESKARISO sebagai Sekolah Sahabat Keluarga, sehingga adanya kegiatan sosial ini menjadi bagian penting peran sekolah untuk menjadi bagian keluarga dari masyarakat, utamanya di wilayah Ngargoyoso.

Hasyim Subagyo,siswa kelas x koordinator kegiatan, mengungkapkan kegiatan sosial ini dilakukan bersama 24 siswa lain. Pengumpulan barang bekas tak terpakai ini dilakukan mulai tanggal 6 mei s.d 31 mei 2019. “kami mencari dan mengumpulkan sampah plastik, kertas, besi yang layak jual dr beberapa pasar terdekat seperti Kemuning, Karangpandan, Tawangmangu, Matesih, Jatipuro dan Lalung,” kata dia.

Selain mencari sendiri,.mereka juga mengumpulkan barang -barang tidak terpakai dari warga sekolah dan masyarakat serta orang tua siswa. Sampah yang terkumpul ini dikelompokkan kemudian di jual ke pengepul yang ada di dusun Kenteng Desa Puntuk Rejo Kecamatan Ngargoyoso.

Baca Juga  Ikuti Workshop Bagaimana Menjadi Kaya

Seluruh hasil pe jualan dari barang barang bekas ini akan diberikan kepada warga kurang mampu di sekitar Ngargoyoso agar bisa tersenyum dan bisa merayakan lebaran.

RUDIANTO