Meski Kompetitor “Menjamur”, Jumlah Pengguna PayPal Tetap Tumbuh

TechnoBusiness Insight ● Jika lima tahun lalu orang masih menyebut PayPal sebagai top of mind dalam hal sistem pembayaran online, mungkin sekarang sudah tidak. Banyak sekali online payment gateway yang bermunculan belakangan ini, termasuk aplikasi teknologi finansial (financial technology/fintech).

Namun, banyaknya kompetitor itu bukan berarti bisnis PayPal redup. Jumlah pengguna PayPal masih terus tumbuh. Mengacu pada data Statista, per kuartal terakhir 2017, jumlah akun aktif PayPal tercatat mencapai 227 juta, naik dari 197 juta akun pada periode yang sama 2016.

Jumlah Akun Aktif PayPal per Kuartal 4/2017

Layanan yang didirikan Peter Thiel dan Mac Levchin pada 1998 di Palo Alto, California, Amerika Serikat, yang kemudian diakuisisi oleh eBay Inc. pada 2000 itu populer berkat kemudahannya dalam melayani pembayaran ritel.

Baca Juga  Facebook vs Tencent, Mana yang Lebih Tangguh?

Peritel-peritel besar di Paman Sam seperti BestBuy dan Valve mengandalkan transaksi menggunakan PayPal. Terbaru, banyak toko bahan bangunan yang mulai memanfaatkan online payment gateway tersebut.

Per Desember 2016, menurut Statista, 34% peritel di Amerika Utara sudah menerima pembayaran melalui PayPal.

Dari 227 juta akun aktif pada kuartal 4/2017, PayPal berhasil mencatatkan transaksi senilai US$131,45 miliar. Nilai itu naik dari US$99,35 miliar pada kuartal 4/2016.●

Teks: TechnoBusiness Insight/TechnoBusiness

Grafis: TechnoBusiness

Data: Statista

 

Artikel Asli