Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan polisi masih menyelidiki motif pembacokan terhadap ahli teknologi informasi lulusan ITB Hermansyah. Semua dugaan motif diselidiki polisi termasuk terkait pernyataan Hermansyah soalchat mesra Rizieq Syihab dengan Firza Husein.


“Salah satu penyelidikan pasti ke situ, semuanya akan diselidiki secara komprehensif, akan kita laksanakan baik dari TKP maupun dari informasi-informasi yang beredar,” kata Setyo di Jakarta Senin, 10 Juli 2017, menjelaskan penyelidikan kasus pembacokan Hermansyah. 

 Hermansyah pernah menjadi narasumber di acara Indonesia Lawyer Club TV One. Saat itu dia menyatakanchat Rizieq Syihab dan Firza Husein hasil rekayasa.

Hermansyah dibacok lima orang pada Minggu, 9 Juli 2017, sekitar pukul 04.00 WIB. Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Tol Jagorawi Kilometer 6 ruas Taman Mini Indonesia Indah dengan jalan tol lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road). 

Korban yang menggunakan Toyota Avanza B-1086-ZFT sedang melaju dari arah Jakarta menuju Depok. Pelaku diperkirakan berjumlah lima orang. Satu pelaku diduga menggunakan senjata tajam. Setelah membacok Hermansyah, pelaku kabur.

Setyo mengatakan kasus tersebut diselidiki Polres Jakarta Timur dibantu Polda Metro Jaya. Setyo enggan menyebut dugaan kemungkinan motif pembacokan tersebut. Apalagi disebut-sebut pembacokan dilatari masalah sepele, yakni senggolan mobil. “Nanti motif dalam penyelidikan, itu masalah substansi,” kata dia.

Menurut Setyo, saat ini Hermansyah sedang dirawat di ICU di RSPAD Gatot Subroto. Kondisi Hermansyahdikabarkan cukup stabil.

TEMPO I iki