Batas.id~ Pacitan-Pacitan adalah Kota Kabupaten paling barat di wilayah Propinsi Jawa Timur  berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah dan berbatasan lasung dengan Samudra India. Secara geografis Pacitan di dominasi daerah pegunungan, Pacitan secara administratif terbagi menjadi 12 (duabelas) Kecamatan diantaranya : Kecamatan Bandar, Kecamatan Nawangan, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Sudimoro, Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Arjosari, Kecamatan Ngadirojo , Kecamatan Pacitan, Kecamatan Kebonagung,Kecamatan Pringkuku,Kecamatan Punung  dan Kecamatan  Donorojo.

Pacitan dikenal dengan Kota Seribu Goa, karena Pacitan memiliki keindahan alam yang berupa goa-goa yang unik  dan terkenal diantaranya Goa Gong dikenal dengan  Goa Terindah se-Asia Tenggara, Goa Kalak , Goa Tabuhan, dan Goa Luweng Jaran. Masing masing Goa memiliki keunikan dan keindahan serta sejarah yang beragam, Goa Tabuan di dalam Goa ini dan batu di dalam goa ini jika dipukul akan membunyikan suara seperti alat musik gamelan (alat musik tradisional Jawa).

Selain Goa yang banyak terdapat di wialayah Pacitan, Pacitan Juga memiliki pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai di Bali dan di Lombok, Pantai Watu Karung, Srau dan Pantai Klayar pantai dengan pasir putih dan pemandangan batu karang yang indah. Pantai yang penuh dengan sarana wisata dan mudah diakses Pantai Teleng Ria bisa menjadi pilihannya karena hanya berjarak sekitar 3 Km dari pusat Kota. Pantai lain yang menarik  seperti Pantai Soge yang terkenal dengan jembatan indahnya, pantai Sidomulyo dengan Flyingfox terpanjang se-Indonesia, Pantai Banyutibo dengan pemandangan air terjun yang langsung menuju ke pantai, dan masih banyak pilihan pantai lainnya. Selain itu terdapat juga sungai yang membentang seperti di amazon yaitu sungai Maron, Sungai Maron ini berujung di sebuah muara pantai Ngiroboyo yang panjangnya kurang lebih 4,5 KM.

Baca Juga  Satu rumah di Arjosari,Pacitan ludes terbakar

Air Hangat Berkasiat

Tidak jauh dari Pusat Kota terdapat Pemandian Air Hangat Alami, Pemandian Air Hangat Tirtohusodo berada di Kecamatan Arjosari, sekitar 15 Km dari pusat kota ke arah Utara, disini menyuguhkan pesona mandi dibawa kaki gunung Kelir dengan air Panas Alami, fasilitas di Pemandian ini dilengkapi  Villa , Toko Cenderamata,dan Rumah Makan. Pemandian ini di percaya sebagian orang bisa menyembuhkan penyakit kulit seperti koreng, bila di rendam dengan air panas pemandian ini, namun kebenarannya  sampai saat ini belum ada riset atau sumber yang dapat dipercaya akan kebenarannya.

Kota kelahiran Persiden RI ke -6 ini juga memiliki Sejarah Perjuangan dalam Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Panglima Besar Jendral Soedirman Pahlawan Nasional yang berperang melawan penjajah dengan bergrilya, di masa perjuangannya Jendral Soedirman bergrilya dan sempat tinggal di wilayah Pacitan. Untuk lebih mengenal sejarah perjuangan sang Jendral Besar, Monumen Jenederal Sudirman berada di Desa Pakis Baru Kecamatan Nawangan, 30 Km dari pusat kota Pacitan ke Arah Utara, melalui Kecamatan Arjosari, Jalan Berliku dan hamparan pemandangan pegunungn yang indah hingga Desa Pakis Baru. Monumen ini berdiri megah di atas gunung dan telah diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, disini masih dapat kita lihat Rumah yang digunakan Jendral Soedirman ketika melakukan Gerilya di Dusun Sobo Desa Pakis Baru. Di area Monumen bisa menikmati pegunungan yang indah dan terlihat juga hamparan Kota Wonogiri, udara yang sejuk dan bersih, mengenal sejarah, refreshing, olah raga lengkap bisa didapatkan disini.

Baca Juga  Heboh, Ambulan Tidak Boleh untuk Bawa Jenazah

Dari makanan khas hingga cindera mata juga dimiliki Pacitan, Makanan khas Pacitan adalah nasi TIWUL, bahkan penganan ini dahulu merupakan makanan pokok pengganti nasi bagi masyarakat  seperti Wonogiri, Gunung Kidul, Wonosari, dan Trenggalek. Nasi Tiwul terbuat dari gaplek ( singkong yang dikeringkan) yang kemudian ditumbuk menjadi tepung dan di kukus. Selain itu makanan Khas dari Pacitan adalah olahan khas dari Ikan Tuna yang dibuat Tahu, Nugget, Otak – otak, Kerupuk, Bakso  dan Berbagai Olahan lainnya yang menjadikannya sebagai makanan Khas Pacitan.Pacitan juga terkenal dengan Kerajinan batu akik  yang terpusat di Kecamatan Donorojo, namun di setiap wilayah Pacitan banyak menyediakan cindera mata berupa batu akik asli Pacitan ini.

Baca Juga  Unhas maksimalkan gerakan mengaji tangkal terorisme
sungai
foto by google

Selain pantai, goa dan sejarah perjuangan pacitan juga memiliki potensi lain yang menarik untuk ditelusuri dan dinikmati, nantikan penelusuran tim Batas Media yang akan meng-explore Pacitan. simak ulasanya di batas.id.NRP-Batas.id