batas.id~SURAKARTA-Pada tanggal 18 Maret 2017, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) mengadakan pagelaran wayang dalam menyambut Dies Natalis Ke 41. Pagelaran Wayang ini menjadi salah satu acara puncak dari serangkaian acara yang telah diadakan sebelumnya.

Dimulai tepat pukul 19.30 WIB, bertempat di halaman gedung rektorat UNS, pagelaran ini menghadirkan 11 dalang dan juga 111 sinden. Kelir yang dipakai dalam pagelaran ini mencapai panjang  62,5 meter.

11 dalang membawakan satu lakon yaitu Mbangun Sapta Arga, dengan harapan bisa membawa UNS ke arah yang lebih baik. 11 dalang yang tampil diantaranya adalah Ki KPAA H. Begug Poernomo, Ki Widodo Wilis, Ki Eko Sunarsono, Ki Jlitheng Lukito, Ki Pujono Gumelar, Ki Jedor Sularno, Nyi Wulan Panjangmas, Ki Sigit Wursito, Ki Wahyu Thoyyib Pambayun, Ki Maryono Brahim dan Ki Narto Guno Wiyono.

Baca Juga  Lebaran Ke-2 Arah Jogja dari Wangon Macet

Acara Pagelaran ini tidak hanya ditujukan kepada mahasiswa atau para tamu undangan saja, tapi juga ditujukan kepada masyarakat sekitar Solo. Ada juga para orang tua yang mengajak anaknya untuk melihat pagelaran wayang ini.
“Saya cuma denger dari mahasiswa UNS yang kost deket rumah saya, ada wayang gitu. Makanya datang mau lihat,” kata ibu Sumiyatni.

Acara pagelaran wayang ini dicatat dalam Rekor MURI, yang dicatat adalah jumlah dalang, jumlah sinden dan juga panjang kelir.

Terlihat juga tokoh nasional, Akbar Tanjung menyaksikan pagelaran Wayang Kulit ini. Acara tahunan ini diharapkan dapat mendekatkan Kampus UNS kepada masyarakat. (dina)