Para Dansat Jajaran Korem 045/Gaya menghadiri Rapim Kodam II/Sriwijaya TA. 2020 di Makorem 045/Gaya, Jl Koba, Kab Bangka Tengah, Senin (16/03/2020).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya  Rapat Pimpinan (Rapim) Tahun 2020 yang dibuka langsung Oleh Panglima Kodam (Pangdam) II/ Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., dan diikuti oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Irdam II/Swj, para Danrem, para Asisten Kasdam II/Swj, seluruh Dansat, KabalaK sejajaran Kodam II/Sriwijaya termasuk Korem 045/Gaya ini laksanakan melalui Video Conference (Vicon).

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan, sebagaimana kita pahami bersama, bahwa Rapim kodam II/Sriwijaya Ta. 2020 merupakan tindak lanjut dari Rapim TNI dan rapim TNI AD yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu untuk menjabarkan pokok-pokok kebijakan Panglima TNI dan Kasad pada Ta. 2020, yang nantinya akan diturunkan menjadi pokok-pokok kebijakan Pangdam II/Sriwijaya pada Ta. 2020, sebagai pedoman dalam rangka pelaksanaan dan pencapaian tugas selama satu tahun ke depan.

“Tujuan dari pelaksanaan Rapim Kodam Ta. 2020 adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran selama Ta. 2019 dan menyampaikan garis besar program kerja dan anggaran Tahun 2020,”ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia sedangkan sasaran yang hendak dicapai adalah terwujudnya kesamaan persepsi dalam melaksanakan program kerja dan anggaran Ta. 2020, secara benar, tertib administrasi dan akuntabel, tercapainya pembinaan kekuatan kemampuan dan gelar kekuatan Kodam II/Sriwijaya Ta. 2020 secara optimal dalam rangka keberhasilan pelaksanaan tugas, serta terwujudnya pemahaman tentang visi, misi, kesiapan dan kesiapsiagaan satuan Kodam II/Sriwijaya untuk melaksanakan tugas pada ta. 2020.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., juga menjelaskan bahwa, Rapim dilaksanakan melalui Video Conference (Vidcon) dilakukan sebagai implementasi dari arahan pimpinan Angkatan Darat untuk mengurangi pertemuan dengan melibatkan orang banyak.

“Sesuai arahan pimpinan AD, seluruh jajaran TNI AD untuk mengurangi kegiatan di luar kantor dan berinteraksi dengan yang lain jika status kesehatannya kurang baik”, jelasnya.

Tak hanya itu, Jenderal Bintang Dua ini juga menjelaskan, sebagai antisipasi penyebaran Virus Corona, jajaran Kodam II/Swj sudah mengerahkan seluruh satuan kesehatan untuk membuat Posko Virus Corona dan tenda isolasi.

“Pelayanan kesehatan ini memiliki fasilitas mendekati seperti ruang isolasi yang menjadi standar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI”, ujar Pangdam.

Hadir dalam kegiatan Rapim, Dandim 0431/Bangka, Dandim 0414/Belitung ,Dandim 0431/Bangka Barat dan Dandenhub Korem 045/Gaya

AJI SUSANTO NUGROHO