Presiden Korea Selatan, Moon Jae In memberi pujian kepada para pemain dan kru “Parasite” atas prestasi bersejarah mereka.

Awal bulan ini, “Parasite” membawa pulang empat penghargaan termasuk Best Picture di 92nd Academy Awards dan menjadi film Korea pertama yang memenangkan penghargaan pada upacara penghargaan bergengsi. Itu juga pertama kalinya dalam sejarah Oscar bahwa film non-Inggris memenangkan Best Picture.

Pada tanggal 20 Februari, Presiden Moon Jae In mengundang para aktor dan staf yang terlibat dalam produksi dan distribusi film ke pertemuan acara makan siang di Blue House.

Presiden Moon Jae In berbagi bahwa ia bangga bahwa “Parasite” membuat sejarah di industri film Korea dan juga Academy Awards. Ia menyatakan, “Oscar adalah festival film paling bergengsi dan hebat di dunia, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh Direktur kami Bong [Joon Ho], festival ini telah dikritik karena menjadi ‘festival film lokal.’ Namun, karena ‘Parasite’ dan Sutradara Bong sangat luar biasa, mereka mampu memecahkan hambatan yang dihadapi oleh film-film non-Inggris dan diakui sebagai best film dan best director. Ini membuat saya lebih bangga.”

Membawa banyak prestasi internasional yang diperoleh oleh artis K-pop seperti BTS, K-drama, dan musisi klasik Korea, Presiden berbagi, “Budaya Korea telah berpindah dari pinggiran ke pusat dunia dan menjadi diakui di semua bidang budaya. Saya percaya itu semua karena semangat dan kerja keras semua orang termasuk Direktur Bong, dan saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada mereka semua.”

Presiden Moon Jae In mengakui bahwa ada ketidakseimbangan kekuatan dalam produksi serta sistem distribusi industri film dan berkata, “Saya sangat memahami pesan sosial yang ditunjukkan oleh ‘Parasite.’ Masalah ini ada tidak hanya di Korea tetapi juga di seluruh dunia, tetapi ketidaksetaraan telah memadat hingga terasa seperti kebangkitan sistem kelas. Mengurangi ketidaksetaraan semacam itu adalah kebijakan utama pemerintahan saya, tetapi ada banyak oposisi yang menentangnya, dan itu membuat saya sedih karena hasil dari upaya kami tidak segera muncul.”

Sehubungan dengan industri film, Presiden berjanji untuk menerapkan sistem jam kerja standar dan 52 jam minggu, meningkatkan kebijakan kesejahteraan bagi mereka yang bekerja di industri film, segera menerapkan batasan jumlah pemutaran di bioskop oleh distributor tertentu untuk mencegah monopoli, dan memberikan dukungan bagi akademi film untuk membantu industri film berkembang. Ia menambahkan, “Namun, kami tidak akan ikut campur.”

Mereka yang makan siang bisa merasakan chapaguri yang dimasak khusus oleh ibu negara Kim Jung Sook. Hidangan yang muncul di “Parasite,” chapaguri dibuat dengan menggabungkan mie instan Korea Chapagetti dan Neoguri.

Direktur Bong Joon Ho dari “Parasite” berbagi, “Saya bersyukur dan merasa terhormat bisa berkumpul di sini. Saya sangat terkejut melihat presiden berbicara tepat di sebelah saya. Dari mengucapkan selamat film, menyentuh budaya massa Korea dan industri film, dan akhirnya mencapai topik chapaguri, pidato kamu hampir seperti dua halaman skenario. Sepertinya kamu tidak menghafalnya, dan sepertinya kamu mampu mengungkap semua pikiran kamu karena kamu terus memikirkan masalah ini, jadi itu membuat saya bertanya-tanya bagaimana kamu melakukannya. Sebagai seseorang yang menulis, saya kaget setelah mendengar kamu berbicara begitu fasih menggunakan logika yang terorganisir dengan baik dan menggunakan kata-kata dengan sempurna untuk pidato lengkap yang berkembang dengan baik.”

Ia melanjutkan, “Dari [rilis film] di Festival Film Cannes tahun lalu dan rilis di Korea, Prancis, dan banyak negara lainnya hingga Oscar, itu adalah perjalanan yang panjang. Saya sangat senang mengakhiri perjalanan panjang dengan terhormat di Blue House bersama presiden dan ibu negara.”

Song Kang Ho juga berbagi beberapa kata. Ia berkata, “Ini pertama kalinya kami semua berkumpul bersama. Hari ini juga merupakan acara terakhir dalam rangkaian acara resmi selama 2 tahun [untuk ‘Parasite’]. Saya tersentuh bahwa ini secara alami telah menjadi pertemuan yang bermakna.”

via: Soompi (koreanarea.com)

The post Para Pemain dan Kru Film “Parasite” Diundang Oleh Presiden Moon Jae In di Blue House appeared first on Korean Area.