• Pasar layar display selama 2017-2021 diperkirakan tumbuh 35,11%.

  • Vendor-vendor elektronik bersaing mendaftarkan paten.

 

BATAS.ID~DUBLIN, IRLANDIA – Pasar layar display flexibel (flexible display market) global selama 2017-2021 diprediksi bakal tumbuh 35,11%. Pertumbuhan itu didorong oleh investasi yang tinggi dan penelitian lanjutan di bidang OLEDs.

Menurut periset pasar Research and Markets, investasi itu menyebabkan lahirnya teknologi transparent active matrix OLED (TAMOLED) dan transparent passive matrix OLED (TPMOLED). Juga, mengantarkan para vendor memperoleh paten dan menjalin kerja sama yang menguntungkan dengan pihak lain.

Pada Juni 2016, misalnya, Universal Display Corporation mengakuisisi portofolio OLED IP BASF senilai US$96,8 juta. Pada tahun yang sama, IGNIS Innovation menandatangani penggunaan hak lisensi paten non-eksklusif dengan LG Display untuk teknologi sirkuit yang akan meningkatkan kinerja display OLED.

Baca Juga  Rintis dan UnionPay Terbitkan Kartu Debit Berteknologi Cip

Pada Oktober 2016, Samsung Electronics, rival senegara LG asal Korea Selatan, mematenkan ponsel pintar lipat. Paten AS Nomor 9,504,145 menjelaskan bahwa perangkat layar fleksibel yang dapat dilipat dan antipecah. Pada November 2015, Apple mengajukan paten di US Patent and Trade Office untuk layar OLED dengan pembaca sidik jari built-in.**

BATAS. ID/Anil Taba, TechnoBusinessFoto-Foto: MacRumors, SamsungGeeks, Istimewa