​BATAS.ID~Pacitan-Masyarakat antusias mengikuti pawai pembanguan di lapangan Pakis Baru, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 di wilayah kecamatan Nawangan yang diikuti seluruh desa bagian utara Nawangan dan dua sekolah menengah atas yang ada di Bakis Baru, Selasa 22 Agustus 2017.

Pawai/ Karnaval dalam rangka HUT RI di Pakis Baru yang  di pimpin oleh Camat Nawangan, Bambang Purnomo,S.Sos ini sebagai gambaran atau implementasi pembangunan di wilayah kec.Nawangan, terutama di Nawangan utara yang terdiri dari desa Pakis Baru, desa Penggung, desa Tokawi dan Desa Ngromo.

Kreatifitas masyarakat yang ditampilkan pada pawai Pembangunan Pakis Baru/batasfoto

Lancur Susanto, S.Sos wakil rakyat (anggota DPRD  Kab.Pacitan) dari Partai Golkar asal desa Penggung mengatakan bahwa pawai pembangunan ini adalah partisipasi masyarakat dalam memeriahkan Hari kemerdekaan, kreasi masyarakat sebagai implementasi pembangunan di wilayah masing-masing.”Pokoknya dalam karnaval seluruh kreasi dari warga masyarakat di keluarkan semuanya, sebagai gambaran implementasi pembangunan di wilayah masing- masing” jelas Lancur.

Baca Juga  Berhasil Dievakuai, Setelah 5 Hari Tertimbun
Kreasi seni yang ditampilkan pada pawai pembangunan Pakis Baru/ batasfoto

Pawai pembangunan yang selalu di adakan dalam rangka HUT RI setiap tahun, menampilkan gambaran-gambaran pembangunan di segala bidang, mulai bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang pembangunan, bidang seni dan budaya dan bidang bidang yang lain. ” Pawai ini adalah gambaran pembangunan di segala bidang dan sebagai ajang pemersatu masyarakat sekaligus menunjukkan potensi yang ada di wilayah masing masing,juga menunjukkan kekompakan dan kegotong royongan masarkat” beber Lancur.

Dan setiap karnaval, kata Lancur, seluruh lapisan masyarakat selalu mengikuti dengan membentuk kelompok kelompok kreasi, untuk menunjukkan kemampuan masing-masing.

Karnaval di Wilayah Nawangan sudah menjadi agenda rutin setiap tahun dan hal ini menunjukkan partisipasi masyarakat dalam memeriahkan HUT RI setiap tahunnya.

Baca Juga  Truk Nyaris Terbakar di Purwantoro 

“Karnaval salah satu ajang penampilan kreasi warga masyarakat yang perlu di Apresiasi, karena dalam mengikuti karnaval tidak pernah berfikir tentang juara dan ini sudah rutin setiap tahun” ungkapnya.
Pada hal dalam karnaval,tambah Lancur mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, karena membuat properti- properti guna menunjukkan keadaan di lingkungan atau di lembaga lembaga masing-masing, semua itu di lakukan adalah salah satu bentuk semangat masyarkat dalam membangun Bangsa dan negara dari wilayah atau lembaga lembaga yang paling bawah.
NRP-BATAS.ID