Cabai rawit yang harganya makin melilit/foto : gunawan w ©batas.id

batas.id~WONOGIRI-Akhir-akhir ini banyak orang yang mengeluh terhadap cabai rawit, bukan masalah pedas rasanya, namun pada harganya yang makin melilit.

Seperti pantauan batas media disalah satu pasar tradisional di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Disini harga cabai rawit merah sangat fantastis, yaitu berkisar pada harga Rp. 90.000,- per kilogram.

Menurut Asih, salah satu penjual sayuran di pasar ini, mengatakan bahwa kenaikan harga cabai ini dirasakan hampir setiap hari ada kenaikan. Hal tersebut disebabkan karena pasokan cabai rawit semakin berkurang.

“Harga cabai terus naik karena kiriman dari Magetan maupun Tawangmangu sangat sedikit,” kata Asih.

Cabai rawit yang harganya makin melilit/foto : gunawan w ©batas.id
Cabai rawit yang harganya makin melilit/foto : gunawan w ©batas.id

Sementara itu, keterangan dari Dhian, yang juga berjualan cabai di toko kelonthong miliknya, mengungkapkan bahwa hari ini harga cabai rawit hijau sudah berkisar Rp. 50.000,- per kilogram.

Baca Juga  Diduga Melakukan Fitnah dalam Ceramahnya, Alfian Tanjung di tahan Polisi

“Cabai hijau saya ecer Rp. 6.000,- per satu ons, karena saya ambil dari pedagang sudah Rp. 50.000,- per kilogram,” ungkap Dhian.

Sementara itu, keterangan dari Jamari, salah satu petani cabai, merasa beruntung karena harga cabai yang ia panen, harganya cukup lumayan.

“Ada sedikit lahan kosong, daripada nganggur aku tanami cabai mas, hasilnya lumayan kok, aku panen hijau saja karena banyak yang rontok, harganya mencapai Rp. 40.000,- per kilogram,” kata Jamari. (gw)