Batas.id~Jakarta Selatan-  Jalan Raya Lenteng Agung merupakan salah satu jalan alternatif bagi warga Depok menuju ke Jakarta. Lokasi tersebut memang sering terlihat banyak pengendara motor yang melawan arus terutama pada jam-jam sibuk pagi atau sore hari. Padahal dilokasi tersebut sudah terpasang rambu dari kepolisian larangan melawan arah.

Dari pantauan tim Batas.id melihat memang tidak hanya satu atau dua motor yang melawan arus. Setidaknya dalam satu menit terdapat 5 – 10 kendaraan bermotor yang melawan arus. Kalau dipantau sekitar 30 menitan ada sekitar 30 – 50 motor yang melawan arus. Tak putus-putus motor yang melawan arus itu sambung menyambung. Aktivitas mereka akan berhenti bila ada petugas kepolisian yang berjaga atau ada razia.

Baca Juga  Karang Anyar- Solo Padat

Lokasi Pelanggaran terpantau di pintu perlintasan rel kereta api di depan KFC Lenteng Agung. Dan yang cukup mengagetkan adalah  tidak sedikit pelaku pelanggaranya adalah siswa atau siswi yang bersekolah dilokasi tersebut.  Salah satu siswa yang melanggar mengatakan “ biar lebih cepet sampai pak, lagian jauh banget kalo harus muter balik di UI” ujar salah satu siswa yang tidak mau disebutkan namanya.

Para pelanggar ini seolah-olah merasa tak bersalah, mereka tetap memaksa melintas dan tak segan mengklakson pengendara yang menghalangi jalan mereka.  Aktivitas ini terpantau hampir setiap hari dilakukan, bahkan dijam-jam sibuk perilaku melawan arus ini menyebabkan kemacetan parah bahkan kecelakaan.

Baca Juga  Ketika Ahok Betemu SBY

Seperti yang dialami salah satu netizen dirubik pengaduan okezone.com bernama Fadhel, yang mengaku hampir menjadi korban kecelakaan akibat pengendara motor yang memutar balik ke arah kampus Polimedia Jakarta, “tiba-tiba ketika saya dari arah kampus Polimedia menuju Lenteng Agung ada pengendara yang ingin memutar balik sambil rem mendadak dan alhasil saya menabrak ban belakang pengendara tersebut, saya yakin dia tau aturan lalu lintas tetapi karena ingin cepat sampai maka dia berani ambil tindakan melawan arah tersebut”, ujarnya.

Kondisi semrawut Lalin lenteng Agung/ Foto : Ari Prayogo/batas.id
Kondisi semrawut Lalin lenteng Agung/ Foto : Ari Prayogo/batas.id

Pelanggaran melawan arus wilayah Lenteng Agung ini sepertinya menjadi sebuah trend, terpantau lokasinya semakin menyebar. Tidak hanya di depan pintu perlintasan kereta api KFC Lenteng Agung, pelanggaran terlihat juga di Jl. Lenteng agung yang ke arah Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa-Jaksel. Dan pelanggaran melawan arus terjdi pula di Kampus IISIP Lenteng Agung yang ingin ke arah Persimpangan Jl. Mohamad Kahfi.

Baca Juga  Atasi Kemiskinan, 23,5 M Siap Dikucurkan Pemkab Wonogiri

Perilaku melawan arus tentunya sangat membahayakan bagi para pengendara dan orang lain.  Belum lagi melawan arus di perlintasan kereta api  yang juga akan membahayakan bagi perjalanan dan penumpang kereta jika terjadi tabrakan diperlintasan tersebut.  Kesadaran untuk tertib berlalulintas dan  pentingnya keselamatan pengendara bermotor  masih sangat kurang, perlu edukasi dari pihak pihak terkait untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalulintas di jalan raya demi keselamatan bersama.

-Ari Prayogo –  Batas.id