Para pelayat mendo'akan K.H. Hasyim Muzadi usai prosesi pemakaman/foto : denis p ©batas.id

batas.id~DEPOK-Isak tangis dan takbir mengiringi prosesi pemakaman tokoh Nahdatul Ulama Alm. K.H. Hasyim Muzadi pada hari Kamis, 16 Maret 2017 yang berlokasi di Ponpes Al-Hikam Depok.

Wapres Jusuf Kalla memimpin upacara pemakaman secara militer. Ratusan pelayat yang datang dari berbagai pelosok tanah air bertakbir dan mendo’akan Alm. K.H. Hasyim Muzadi yang wafat di usia 72th.

Sejumlah pejabat tinggi negara dari jajaran Kementerian serta Kepolisian dan TNI turut hadir. Pengamanan yang meliputi TNI, Polri, Dishub dan dibantu ormas setempat, dikerahkan sejak siang hari hingga pasca pemakaman untuk terciptanya keamanan dan kelancaran prosesi pemakaman.

Lokasi pemakaman Al-Hikam sendiri berada di Jl. H Amat, Kelurahan Kukusan-Beji, Depok. Karena banyaknya para pelayat dan kendaraan yang melintas di Jl. H Amat, sehingga kepadatanpun tak terhindari.

Baca Juga  Antara Sesalkan Tindakan Kekerasan terhadap Wartawannya

Guna membantu agar kemacetan dapat terurai, gang-gang kecil diradius 200-300 m diaktifkan sebagai jalan alternatif sementara, meskipun hanya sepeda motor yang bisa melintas. Namun hal tersebut justru disambut dengan tangan terbuka oleh warga sekitar Al-Hikam, dengan sukarela para warga menyediakan tempat-tempat parkir bagi kendaraan para pelayat. (DnS)