BATAS.ID~Jakarta-Konflik yang terjadi di Rembang Jawa Tengah belum juga usai, konflik antara masyarakat yang menolak keberadaan pabrik semen dengan Pihak pabrik semen tersebut menarik perhatiah banyak pihak termasuk Komnas HAM, bahkan Komnas HAM meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk menghentikan pabrik semen dan penambangan batu kapur di pegunungan Kendeng, Rembang Jawa Tengah ini.

Di lansir oleh  CNN Indonesia — Komnas HAM meminta Presiden Jokowi untuk menghentikan pembangunan pabrik semen dan pertambangan batu kapur di Rembang di pegunungan Kendeng untuk segera dihentikan.

Hal itu disampaikan Ketua Komnas HAM Nurkholis melalui surat resmi kepada Jokowi tertanggal 7 April 2017. Nomor surat itu adalah 059/TUA/IV/2017 .

Baca Juga  ​Lima Alasan Perusahaan E-Commerce Global Harus Masuk ke Pasar Indonesia

Komnas HAM menyimpulkan terdapat pelbagai sebab konflik di Rembang, di antaranya adalah regulasi yang bias, partisipasi masyarakat yang minim hingga tak dihormatinya putusan MA. Putusan MA Nomor 99/PK/TUN/2016 membatalkan Izin Lingkungan yang diterbitkan atas nama PT Semen Indonesia Tbk.

“Komnas HAM berpendapat dan merekomendasikan agar aktivitas pembangunan pabrik semen dan penambangan batu kapur itu tidak dilanjutkan,” kata Nurkholis dalam surat resmi kepada Presiden dalam situs Komnas HAM, yang dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (12/4).

NRP-BATAS.ID                                     CNN Inonesia