Batas.id~ Pacitan – Gunung Tukung yang berada di daerah Pacitan tepatnya di Desa Jeruk Kecamatan Bandar, disitulah terdapat beberapa orang yang bekerja sebagai pengrajin Batu Asah ( disana dikenal dengan sebutan Ungkal) .
Tim Batas sempat menemui pengrajin tersebut, adalah Bapak Tumadi (56) yang berasal dari Dusun Jambu, Desa Jeruk , Kecamatan Bandar bersama anak Laki-laki yang bernama Arief (34).

batuasah1

Menurut keterangan Bapak Tumadi, awal mula menjadi pengrajin tersebut dulunya menjadi tenaga “usung” ( panggul ) pada Tahun 1977 dan sering mencoba membuatnya, dan ada teman memuji buatan Bapak tersebut, akirnya Pak Tumadi mencoba membeli alat – alat untuk membuat Batu Asah, hingga sekarang bekerjaan tersebut masih berjalan dengan lancar setiap hari.

Baca Juga  Laba 9 Bulan ZTE Tumbuh 36,58% Menjadi RMB 3,905 Miliar

Hasil buatan batu milik Pak Tumadi di kirim ke berbagai Kota, diantaranya : Madiun, Blitar, Karanganyar(Jawa Tengah) bahkan sampai ke Luar Jawa.

batuasah2

Setiap bulan Bapak Tumadi menghasilkan kurang lebih 500 sampai 700 an batang Batu Asah, lebih lanjut Pak Tumadi menyampaikan agar ada yang bisa peduli terhadap pengrajin Batu asah seperti dirinya dan beberapa orang pengrajin di Desanya.

Rudianto – batas.id