Forkompincam Jatipurno berfoto bersama dengan para relawan/foto:gunawan w ©batas.id

batas.id~WONOGIRI–Seringnya terjadi bencana alam dan rentannya wilayah Wonogiri pada umumnya, menggugah kepedulian masyarakat dalam penanganan bencana. Setelah sebelumnya di Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, terbentuk Relawan Peduli Kismantoro (RPK) sekitar setahun yang lalu, hari ini Kamis (4/5/2017), dibentuk dan dikukuhkan Relawan Peduli Jatipurno yang bertempat di Wana Wisata Wonoasri Seper Jatipurno.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Camat Jatipurno Nomor 5 Tahun 2017. Pengukuhan tersebut dimaksudkan juga untuk menghimpun berbagai elemen di Kecamatan Jatipurno agar lebih peduli terhadap bencana alam yang terjadi di wilayah Jatipurno.

Hal tersebut disampaikan oleh Panitia Pengukuhan, Didit Sulardi, dalam sambutannya. “Relawan Peduli Jatipurno dibentuk dengan maksud untuk membantu pengurangan resiko kebencanaan di Jatipurno,” kata Didit.

Baca Juga  Berbagi Menjadi Agenda Rutin RPK Setiap Bulan

Sementara itu, Camat Jatipurno, Herdian, S.I.P., M.Si., merasa bangga atas pengukuhan Relawan Peduli Jatipurno tersebut.

“Saya mengapresiasi dan ikut berbangga, pagi ini dilaksanakan pengukuhan RPJ,” kata Herdian.

Lebih jauh, Camat juga berpesan kepada para relawan untuk selalu berlatih dan siap tangguh baik ada bencana maupun tidak.

“Namanya juga relawan, jangan membayangkan adanya bantuan-bantuan yang akan diterima, namun kebersamaan dan ketangguhan semangat para relawan yang dikedepankan,” tambahnya.

“Mudah-mudahan pengukuhan ini tidak berhenti disini saja, semoga dapat berlanjut terus menerus bahkan dapat terlibat pada event-event di Kabupaten Wonogiri,” pintanya.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, hari ini RPJ saya kukuhkan,” pungkas Camat Herdian.

Selain pengukuhan RPJ, dalam acara tersebut juga digelar penanaman pohon disekitar Wana Wisata Wonoasri serta pelatihan Posko Penanganan Bencana, pelatihan Pertolongan Pertama dan pelatihan Dapur Umum. (gw)