Pengiriman Ponsel ke Timur Tengah Terendah Sejak 2013

Asia Pasifik menyumbangkan hampir separuh nilai penjualan ponsel pintar global selama 2018.

Singapura, TechnoBusiness ● Meski terjadi penyusutan jumlah penjualan ponsel pintar global selama 2018 sebesar 3% menjadi 1,44 miliar unit, nilai yang dibukukan secara keseluruhan tetap naik.

Berdasarkan data yang dirilis firma riset GfK di Singapura, Senin (25/2), nilai penjualan ponsel pintar setahun lalu itu naik 5% dibanding tahun sebelumnya menjadi US$522 miliar.

Baca Juga: Per Hari Ini, TCash Resmi Berubah Jadi LinkAja

Kenaikan nilai penjualan itu, menurut GfK, didorong oleh kemunculan ponsel-ponsel pintar kelas premium. Asia Pasifik menjadi pasar pendorong utama dengan penjualan 732 juta unit.

Namun, nilai penjualan yang dikumpulkan naik 5%. China menyumbang 60 dan 54% dari total nilai pasar dan volume pasar sekawasan.Sama seperti di kancah global, penjualan dalam unit di Asia Pasifik juga sedikit menurun.

“Pasar China mengonsumsi sebagian besar produksi ponsel pintar global dan menjadi rumah bagi merek lokal yang semakin mendunia,” ujar Alexander Dehmel, Regional Senior Market Insights Manager GfK, di Singapura, Senin (25/2).

Sekitar 40% ponsel pintar merek China, lanjut Dehmel, dibeli di luar China. Angka itu naik 9% dari porsi 31% pada 2016. Ponsel-ponsel merek China itu di antaranya Huawei, Oppo, dan Vivo.●

—Michael A. Kheilton, TechnoBusiness ● Foto: Freepik

 

Artikel Asli

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here