Per Hari Ini, TCash Resmi Berubah jadi LinkAja

TCash dari Telkomsel melebur menjadi LinkAja bersama produk-produk e-money milik BUMN lainnya.

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Mulai hari ini, TCash, layanan keuangan elektronik yang dikelola PT Fintek Karya Nusantara, penyelenggara jasa pembayaran elektronik milik PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), resmi berubah menjadi LinkAja.

Perubahan nama (rebranding) TCash menjadi LinkAja itu dilakukan seiring dengan pengintegrasian beberapa produk uang elektronik (e-money) milik badan usaha milik negara (BUMN).

Baca Juga: Mengenal Istilah dan Asal Usul “Unicorn” dalam “Startup”

Produk-produk uang elektronik yang diintegrasikan itu antara lain e-cash dari Bank Mandiri, Tbank dari BRI, Unikqu dari BNI, dan T-money yang juga dari Telkom Group.

Danu Wicaksana, Direktur Fintek Karya Nusantara, mengatakan, LinkAja diharapkan dapat mempercepat akselerasi inklusi keuangan dan terlaksananya cashless society yang telah dikampanyekan pemerintah melalui Gerakan Nasional Non-Tunai.

Selain itu, kata Danu, “LinkAja bertujuan untuk melengkapi ekosistem pembayaran digital di Indonesia”. Seperti diketahui, layanan-layanan pembayaran yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi seperti Gopay dan Ovo begitu masif.

Baca Juga: Begini Filosofi Logo Baru Vivo

Terkait perubahan itu, Danu mengimbau kepada para pengguna TCash agar tidak perlu khawatir. Ia menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara TCash dengan LinkAja. Justru beberapa fitur user experience LinkAja akan lebih bervariasi dibanding TCash.

Yang perlu dilakukan para pengguna adalah melakukan pembaruan aplikasi TCash di Google Play Store atau App Store. Setelah pembaruan, saldo yang terdapat di akun TCash otomatis menjadi saldo di akun LinkAja.

Namun, pemindahan saldo dari akun uang elektronik milik bank-bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) ke LinkAja baru dilakukan mulai 1 Maret nanti.●

—Ivan Darmawan, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel

 

Artikel Asli