©batas.id/foto: denis priwanda

Batas.id~DEPOK-Rabu, 14 Desember 2016, Dalam rangka menyambut perlombaan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang akan di selenggarakan oleh Kodam Jaya dalam rangka menyambut Hari Infanteri dimulai pada tanggal 16-19 Desember 2016 yang berlokasi di Jl. Kali Baru Tanggerang. Persiapan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha yang bermarkas di Jl. Raya Bogor Km. 28 Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur, di bawah pimpinan Danyonif Mekanis 201/JY Letkol Inf M.I. Gogor A.A. membawa pasukannya untuk melaksanakan latihan Tonting YWPJ berjalan kaki sejauh 20 Km. Dalam latihan ini melibatkan 64 (enam puluh empat) pasukan Yonif Mekanis 201/JY yang terbagi menjadi 2 (dua) peleton dan 2 (dua) peleton dipimpin oleh Danton Letda Inf. Alimudin dan Letda Inf. Norman dibantu oleh kordinator latihan Lettu Inf. Rodiana.

Baca Juga  Reog, Kethek Ogleng, Tari Hingga Kethoprak, Meriahkan Sosialisasi Cukai Tembakau
©batas.id/foto: denis priwanda
©batas.id/foto: denis priwanda

Latihan ini selain melatih pembinaan fisik juga melatih kekompakan saat bertugas sebagai prajurit TNI AD dan merupakan wujud nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Latihan Tonting ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai selesai yang melewati rute Jl. Raya Bogor, Jl. Akses UI Kelapa Dua, Jl. Margonda Raya, Jl. Ir Juanda, Jl. Cisalak, Mekarsari hingga finish di Asrama Yonif Mekanis 201/JY. Perlombaan Tonting YWPJ ini sebagai bentuk Napak Tilas dalam rangka mengenang Alm. Panglima Besar Jendral Sudirman yang diikuti oleh  5 (lima) satuan yaitu ; Yonif Mekanis 201, Yonif Mekanis 202/TM, Yonif Mekanis 203/AK, Brigif Mekanis 1 PIK/JS dan Brigif 17/ Para Rider.

©batas.id/foto: denis priwanda
©batas.id/foto: denis priwanda

Serangkaian acara perlombaan yang akan digelar meliputi Apel bersama, lomba napak tilas yg di ikuti oleh 5 (lima) kesatuan dijajaran Kodam Jaya, adapun lokasi Star lomba dimulai dari Yonif Mekanis 203/AK hingga finish di Mabrigif Mekanis 1 PIK/JS.

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1438H Pada Minggu 25 Juni 2017

Untuk meningkatkan semangat dan kekompakan dalam latihan, pasukan Yonif Mekanis 201/JY menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya serta lagu-lagu satuan Jaya Yudha di tengah terik matahari. Mobil ambulance yang mengikuti barisan pasukan merupakan bentuk kesiapan dalam latihan sekaligus untuk mengantisipasi pasukan yang kelelahan. Anggota provos yang mengawal ikut membatu mengatus arus kendaraan yang melintas agar tercipta kelancaran dan ketertiban. (Denis Priwanda/Batas Media)