Pertahankan Pasar, Toshiba Memory dan WD Buka Pabrik Baru

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Toshiba Memory Corporation bersama Western Digital Corporation (Nasdaq: WDC) membuka pabrik semikonduktor canggih, yakni Fab 6, dan pusat penelitian dan pengembangan memori (Pusat R&D Memory) di Yokkaichi, Prefektur Mie, Jepang.

Pabrik 3D flash memory yang dibuka hari ini itu dibangun Toshiba Memory sejak Februari 2017. Kemudian berbarengan dengan Western Digital, perusahaan hasil spin-off dari Toshiba Corporation tersebut menginstalasi peralatan manufaktur canggih di dalamnya.

PowerTalks ID: Ajisatria Suleiman: “Kenapa Fintech Itu Menarik?”

Peralatan itu digunakan untuk proses-proses produksi utama, termasuk deposition dan etching. Sementara itu, produksi massal 3D flash memory 96-layer-nya sudah dimulai sejak awal bulan. Fasilitas pabrik tersebut dibangun seiring meningkatnya permintaan 3D memory flash untuk server-server enterprise.

Fasilitas Pusat R&D Memory-nya justru telah beroperasi lebih dulu, yaitu pada Maret 2018. Lokasinya bersebelahan dengan Fab 6. “Kami bersemangat atas kesempatan untuk memperluas pasar 3D flash memory generasi terbaru kami,” ungkap Presiden dan CEO Toshiba Memory Corporation Dr. Yasuo Naruke.

Baca Juga  Lazada Gelar Hari Belanja Online di 13 Kota

Baca Juga: Selamat Datang Selfin, Penantang Baru Facebook

Yasuo menambahkan, Fab 6 dan Pusat R&D Memory berperan penting dalam menjaga posisi sebagai pemain terdepan pada pasar 3D flash memory, apalagi kini berkolaborasi dengan Western Digital, perusahaan serupa yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat.

CEO Western Digital Corporation Steve Milligan menyebut Toshiba Memory sebagai mitra berharga perusahaan yang dipimpinnya. “Hampir dua dekade kolaborasi kami sukses dan telah membantu mengembangkan inovasi teknologi flash NAND,” katanya.

Fab 6, lanjut Milligan, merupakan fasilitas canggih Toshiba Memory dan Western Digital menjadi lebih jauh memimpin dalam hal teknologi penyimpanan di pasar global. Menurut periset pasar Statista, nilai pasar flash memory pada 2018 mencapai US$56,7 miliar. Angka itu angka meningkat menjadi US$61,2 miliar pada tahun depan.●

Baca Juga  USAIN BOLT: PERTAMA, UNIK, BERBEDA

—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Western Digital

 

Artikel Asli