BATAS.ID~Sidoarjo-Hana Arumi, anak perempuan berusia tujuh tahun menulis sebuah pesan untuk presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Pesan singkat itu di tulis dengan menggunakan spidol warna merah di sebuah kertas bekas kalender, bertuliskan “Pak Jokowi Tolong Hentikan PLTPB BATURADEN Rumah Eyang Bisa Longsor”.

Gadis kecil yang tinggal di Desa Ketajen RT.04 RW.04 Kecamatan Gedangan-Sidoarjo ini, menulis pesan tersebut lantaran mendengar dan melihat foto yang diposting di  facebook dan mendengar kabar dari kawannya yang tinggal di Desa Cilongok – Banyumas bahwa di gunung slamet sedang ada pembangunan mega proyek yang berlokasi di kawasan hutan lindung Rataamba Gunung Slamet.

Saat ini sedang berlangsung pengerjaan infrastruktur jalan dengan cara membabat pohon yang sudah berusia ratusan tahun dan Mega Proyek tersebut bernama PLTPB BATURADEN dan PT.Sejahtera Alam Energi (SAE) sebagai pelaksana.

Baca Juga  Odong-Odong, Hiburan Anak-Anak Murah Meriah

Mega Proyek tersebut berpotensi meresahkan warga yang tinggal di lereng gunung slamet tepatnya wilayah Cilongok Ajibarang-Banyumas.

Warga menghawatirkan dampak yang di timbulkan dari proyek tersebut adalah bencana alam seperti tanah logsor,banjir bandang dan disaat musim sekarang ini surutnya air di sungai krukut,hewan buas seperti babi hutan sudah mulai memasuki pemukiman warga.

Meskipun bencana alam belum terjadi tetapi akhir-akhir ini babi hutan sudah mulai turun ke pemukiman warga.

Seekor babi hutan di tangkap warga karena memasuki pemukiman warga

Menurut warga, warga sekitar lereng gunung slamet merugi karena perkebunan palawija di serang oleh babi hutan. Hana dan keluarganya mengharapkan proyek tersebut di hentikan karena menghawatirkan keselamatan warga di lereng gunung slamet dan eyangnya yang tinggal di Cilongok.

Baca Juga  Konferensi Pers SBY

DENIS-BATAS.ID