​Pesawat Aviat Husky mendarat darurat di area persawahan Ds. Carangrejo Kec. Sampung Kab. Ponorogo Minggu, 13 Agustus 2017 pukul 12.30 WIB.

Di kabarkan pesawat tersebut berjenis Aviat Husky,tahun produksi 1992, milik Koni DKI Jakarta, kapasitas bahan bakar 150 liter.

Pesawat melakukan pendaratan darurat disebabkan kehabisan bahan bakar, Pilot dan co Pilot ,Kapten Sukandar, 73 th, pensiunan TNI AU warga Jl. Melati 5 CF 1 No. 50 Kec. Jatisari Kota Bekasi dan Joko Hardono, 69 th, mantan Dubes RI Kanada, beralamat di Jl. Jati Mulya No. 6 Jakarta Selatan, keduanya selamat dalam peristiwa ini.

Pesawat bernomor ekor 0109 ini tidak membawa penumpang selain pilot dan co pilot, menurut keterangan pilot dan co pilot, Pesawat tersebut berangkat dari landasan terbang Pondok Cabe Jakarta Selatan pukul 07.00 WIB, yang sedianya bertolak ke landasan terbang Kab. Pacitan kemudian kembali ke Jakarta, Setelah tiba di wilayah udara Kab. Pacitan, pesawat batal landing karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan (karena awan tebal).

Baca Juga  Grebek Syuro, Pentas Kreasi dan Budaya Ponorogo

Selanjutnya pesawat kembali menuju Solo utk mengisi bahan bakar ( avgas), namun kira-kira pukul 12.30 WIB, pesawat melintas di wilayah udara Kab. Ponorogo, mendapati lampu indikator bahan bakar menyala menunjukkan bahwa bahan bakar menipis. Pilot dan co pilot memutuskan untuk landing darurat di area persawahan Ds. Carangrejo Kec. Sampung Kab. Ponorogo.

Tidak ada kerusakan pada pesawat, direncanakan pesawat akan terbang kembali setelah mendapatkan kiriman bahan bakar dari Pacitan dan akan menggunakan area persawahan sebagai landasan pacu.

NRP| ACP| Foto: ACP Peduli