Batas.id~NAD–Pulau Weh, terletak di ujung Negara Indonesia. Pulau dengan sejuta pesona keindahannya yang membuat mata dan hati takkan bisa berpaling. Untuk mencapai ketempat yang indah memang tak kan mudah. Jika ingin mengunjungi Pulau Weh bisa di tempuh dengan berbagai cara, salah satunya melewati jalur darat. Dari Jakarta, belilah tike tpesawat Jakarta – Medan (untuk back packer, disarankan beli tiket dari jauh hari atau keberangkatan pada saat hari kerja).

Pintu Masuk Pulau Weh, Foto : Iin Soes/batas.id
Pintu Masuk Pulau Weh, Foto : Iin Soes/batas.id

Dari Bandara Internasional Kualanamu Medan, naiklah bus Damri ke Carrefour Medan dengan tarif Rp. 20,000/orang.
Turunlah di perempatan Amplas, lalu lanjutkan naik angkot 64 turun di perempatan seikambing. Lanjutkan lagi naik angkot ke Ring Road turunlah di pull Bus Putra Pelangi tujuan Banda Aceh dengan tarif Rp. 180,000/orang. Sesampainya di terminal Banda Aceh, naiklah Bentor (becak motor) sampai ke Pelabuhan Feri Ulee Lheue. Untuk perjalanan menjadi lebih singkat naiklah kapal feri dengan tarif Rp. 80,000/orang maka sekitar 45 menit akan sampai di Pelabuhan Balohan, Sabang.

Baca Juga  Cabaret Show, House of Raminten Yogyakarta
pulau-weh2
Pelabuhan, Foto Iin soes/batas.id
View Pulau Weh, Foto Iin Soes/batas.id
View Pulau Weh, Foto Iin Soes/batas.id

Sesampainya di Pelabuhan Balohan sudah banyak orang yang menyewakan kreta (motor) dan mobil di sana. Untuk kreta, bisa didapatkan Rp. 75,000 – Rp. 85,000/hari sedangkan mobil Rp. 300,000 – Rp. 350,000/hari.  Jika hanya sedikit, disarankan menyewa kreta tetapi jika sebalik nya lebih baik mobil (tidak lepas kunci). Mulailah perjalanan di Pulau  Weh dengan sejuta pesonanya. Iin Soes-batas.id