Batas.id~NAD–Tak lengkap rasanya, sudah berada di tempat yang indah tetapi tak bisa kemana-mana. Beberapa spot yang wajib di kunjungi di Sabang, Pulau Weh.

Jaboi Volcano, Foto : Iin Soes/batas.id
Jaboi Volcano, Foto : Iin Soes/batas.id

Jaboi Volcano
Untuk pecinta yang suka naik gunung, tempat ini wajib di kunjungi dan jangan lupa membawa masker. Khas bau belerang di sini lumayan menyengat dan pakailah alas kaki yang nyaman dipakai. Waktu tempuh untuk ke Jaboi Volcano, sekitar 1 – 2 jam dari pelabuhan Balohan. Di Jaboi Volcano ini ada 4 kawah yang harus di daki dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai puncaknya.

Titik 0 KM Indonesia
Tak lengkap jika sudah di Sabang, Pulau Weh tetapi belum ke titik 0 KM Indonesia. Di titik 0 KM Indonesia sampai dengan saat ini masih dalam tahap pembangunan menara. Untuk ke tempat ini, bisa di tempuh 1 – 1,5 jam dari Pelabuhan Balohan. Jika sudah sampai di sana, bisa pula di dapatkan sertifikat titik 0 KM Indonesia.

Baca Juga  Air Hangat Berkhasiat, Pemandian "Banyu Anget" (Air Hangat) Tirto Husodo Pacitan
 Pantai Teupien Layeu, Gampong Iboih, Foto : Iin Soes/batas.id
Pantai Teupien Layeu, Gampong Iboih, Foto : Iin Soes/batas.id

 Pantai Teupien Layeu, Gampong Iboih
Surganya pecinta snorkeling dan diving, wajib ke Gampong Iboih. Di tempat ini banyak yang menyewakan peralatan snorkeling, perahu dan tentunya guide. Untuk peralatan snorkeling di sewakan sekitar Rp. 40,000, perahu Rp. 100,000 dan untuk guide + foto underwater Rp. 350,000. Jika bisa berbicara asli Aceh, tarif guide + foto underwater ini bisa lebih murah lagi.

Gua Sarang, Foto : Iin Soes/batas.id
Gua Sarang, Foto : Iin Soes/batas.id

 Gua Sarang
Tempat ini belum terjamah oleh wisatawan lokal maupun asing. Disebut Gua Sarang, karena didalam memang rumah bagi kawanan burung. View yang didapatkan pun tak mudah, setelah parkir di atas kalian harus turun ke bawah melewati hampir seratus anak tangga. Setelah itu, harus melewati bebatuan yang lumayan terjal dan itu belum termasuk jika ada ombak sedang pasang. Pakailah alas kaki yang tidak licin dan harus berhati-hati.

Baca Juga  Mendadak Sapi mendadak Kambing !!!
Bungker Jepang, Foto : Iin Soes/batas.id
Bungker Jepang, Foto : Iin Soes/batas.id

Bunker Jepang
Tempat peninggalan masa kejayaan Jepang, bunker jepang. Bunker-bunker buatan tentara Jepang ini berfungsi sebagai pos-pos pengintaian untuk mengantisipasi serangan musuh dari arah laut lepas. Selain bunker jepang, di tempat ini bisa di temukan pula seperti bukit teletubies dengan rerumputan dan menghadap ke pantai Anoi Item.Jika musim hujan, harus hati-hati melewati rerumputan ini. Iin Soes-batas.id