BATAS.ID~Solo- Siapa yang tidak ingin berumur panjang? Setiap orang pasti menginginkan berumur panjang dan memiliki tubuh yang sehat. Banyak sekali orang yang melakukan gaya hidup sehat dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung. Namun, menjalankan gaya hidup yang sehat tanpa mengetahui prinsipnya dapat dikatakan sama saja. Ada beberapa prinsip hidup sehat yang harus Anda ketahui agar bisa berumur panjang, di mana prinsip-prinsip ini sendiri mudah dipahami walaupun sangat susah dijalankan.

4 Prinsip Hidup Sehat Jika Ingin Berumur Panjang

  • Aktivitas Fisik Di manapun dan Kapanpun

Salah satu kunci utama agar memiliki tubuh yang sehat tentu saja dengan aktivitas fisik kapanpun dan di mana pun. Aktivitas fisik ini sendiri dapat Anda lakukan pada saat Anda sedang bersantai seperti menonton tv. Caranya adalah dengan melakukan peregangan otot, sit up, push up ataupun skot jam pada saat acara yang ditonton sedang iklan. Melakukan aktivitas fisik disela-sela kegiatan santai tentu saja dapat menunjang kebugaran pada tubuh.

Anda juga dapat memanfaatkan berbagai element yang ada di rumah, terlebih jika Anda memiliki rumah bertingkat di mana naik turun tangga juga dapat menjadi olahraga ringan yang membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Jadi, tentu saja tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan aktivitas fisik.

  • Cukup Tidur

Prinsip selanjutnya agar Anda dapat mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan cukup tidur. Tidur yang cukup sangat penting untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh, di mana pada saat tidur semua organ dapat bekerja secara maksimal sehingga peredaran darah dapat lancar. Setiap orang sendiri biasanya memiliki kebutuhan waktu tidur yang berbeda-beda, namun pakar mempercayai bahwa dengan tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malam mampu membuat tubuh lebih sehat dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Tidur cukup sendiri sangat membantu untuk meningkatkan daya konsentrasi pada saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Memenuhi Cairan Tubuh Yang Cukup

Memenuhi cairan untuk tubuh dengan cukup sangatlah penting, tentu saja hal ini tidak lepas dari kebutuhan tubuh akan air. Setiap makhluk hidup tentu membutuhkan air agar dapat hidup, di mana manusia juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh ini. kekurangan cairan pada tubuh tentu saja menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah dehidrasi. Jika tubuh mengalami dehidrasi tentu saja Anda akan merasa cepat lelah, belum lagi dapat menganggu jalannya metabolisme dalam tubuh.

Banyak orang yang percaya dengan meminum 8 gelas air putih sehari mampu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, akan tetapi pada kenyatannya tidaklah seperti itu. Hal ini sendiri dikarenakan setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini lebih baik Anda dapat terus memperhatikan cairan yang masuk dalam tubuh, tidak perlu dengan meminum air putih terus akan tetapi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah juga akan memberikan asupan cairan yang tepat untuk kebutuhkan tubuh.

  • Makan Dengan Perlahan

Terkadang orang akan lupa ketika melihat makanan lezat yang ada, di mana mereka akan makan dengan cepat agar dapat menikmati semua makanan tersebut. Disinilah yang menjadi permasalahan kebanyakan orang, di mana dengan makan dengan cepat dapat menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak dan tentu saja menyebabkan kalori dalam tubuh menumpuk sehingga menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Makan dengan perlahan ini sendiri ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, di mana dengan makan perlahan dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk yang akan menyebabkan Anda merasa lebih kenyang walaupun hanya makan dalam porsi sedikit. Dengan makan perlahan ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan walaupun jumlah makanan tidak banyak.

Itu adalah 4 prinsip hidup sehat agar Anda bisa mencapai umur panjang. Dengan menjalankan prinsip-prinsip tersebut Anda dapat menjalankan hidup sehat dan menjaga tubuh agar tetap bugar.

Sumber : Hellosehat.com

Dina Meidiana-BATAS.ID