• Propan Raya mengalokasikan investasi senilai Rp250 miliar untuk membangun pabrik baru. 
  • Pembukaan pabrik baru itu merupakan bukti komitmen perusahaan dalam memasarkan produk cat ramah lingkungan.

 

BATASTECHNO~Tangerang- Menghasilkan produk yang ramah lingkungan sudah menjadi tuntutan pasar belakangan ini. Itu sebagai konsekuensi untuk menekan pemanasan global (global warming) yang terjadi.

 

Sebagai produsen cat terkemuka, PT Propan Raya berkomitmen menghadirkan produk-produk yang ramah lingkungan. Tidak tanggung-tanggung, salah satu langkah nyatanya yaitu membuka anak perusahaan baru, PT Propan Dekorindo Raya, sekaligus dengan pabrik barunya.

DR. HENDRA ADIDARMA, DIPL. CHEMIKER, pendiri dan CEO Propan Raya

Menurut DR. Hendra Adidarma Dipl. Chemiker, pendiri sekaligus Presiden Direktur PT Propan Raya, cat berpelarut tiner (solvent based) tidak ramah lingkungan. Selain berbau menyengat, cat pelarut tiner juga mengandung Volatile Organic Compounds (VOC).

Baca Juga  Ekonomi Asia Tenggara Tumbuh 5,1%, Indonesia Penopang Terbesar

Itu sebabnya, Propan Raya beralih ke cat berpelarut air (water based) yang lebih ramah lingkungan. “Menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk menciptakan produk cat yang ramah lingkungan, memiliki kualitas yang baik, dan sesuai standar internasional,” ungkap Hendra yang ahli kimia dari salah satu Universitas di Jerman saat peresmian pabrik baru di Tangerang, Banten, Selasa (5/9).

Teknologi itu bernama Rapid Production System (RPS). Di dunia ini baru ada tiga pabrik yang menggunakan teknologi tersebut: dua di Jerman, negara asal teknologi itu, dan 1 di Indonesia (Propan Raya). Sehingga Propan Raya merupakan pabrik cat satu-satunya di Asia Pasifik yang menggunakan teknologi RPS.

Baca Juga  PT.Olagafood Tangerang Terbakar

Dengan teknologi itu, Propan Raya mampu memproduksi cat dalam waktu cepat, yakni 25 ton per batch dalam waktu 4 jam. Di samping itu, produk yang dihasilkan konsisten dan stabil, membutuhkan lebih sedikit tenaga manusia, fleksibel, dan hemat ruang.

Kris Rianto Adidarma, CEO Propan Raya, mengatakan pabrik baru itu akan memproduksi cat berbasis water based hingga kapasitas terpasang 100.000 ton per tahun. “Dengan demikian, kami memiliki tiga pabrik dengan kapasitas 200.000 ton per tahun,” katanya.

Kabarnya, dalam membangun pabrik baru tersebut, Propan Raya mengalokasikan investasi hingga Rp250 miliar. Di pabrik tersebut, Propan akan memproduksi aneka cat, di antaranya Decorshield, Decorcryl, Decorlotus, Eco Emulsion, Ecoshield, Ceria, Ultraproof, Aqua Syntetic, Enamel Gofast A-1000, Marine Paint, Metal Protective Coating, Polymer Flooring, Waterproofing, Multipurpose Acrylux, dan Waterbased Wood Finishing for IKEA.

Baca Juga  Indocomtech 2018 Usung Tema “Technology for Everyone”

 Purjono Agus Suhendro|BATAS.ID- TechnoBusiness ID | Foto-Foto: Propan Raya