​BATAS.ID~Aktris, penyanyi, dan bintang iklan Tyo Janes, yang sudah mewarnai dunia hiburan tanah air sejak 2014 lalu, meski mengalami pasang surut ia tetap optimis untuk berkarir di dunia hiburan dan tidak akan menyinyiakan kesempatan yang ada karena semua yang di raih saat ini adalah hasil perjuangan panjang yang ia lakukan sejak masih kecil.

Menyukai dunia seni termasuk musik  sejak masih di Taman Kanak-Kanak (TK). Tyo kecil juga akrif mengikuti perlombaan atau kompetisi paduan suaran sejak Ia duduk di bangku sekolah dasar mulai dari perlombaan paduan suara antar sekolah hingga  tingkat kabupaten.

Tyo Janes sekarang

Selain aktif mengikuti perlombaan Tyo juga aktif mengisi acara di kampung dan berbagai acara di kecamatan pada masa itu,selain musik Tyo juga menyukai seni peran sejak kecil dan suka menonton layar tancap sebagai media pembelajarnya pada masa ia masih kecil di kampungnya.  “Saya menyukai dunia seni peran sejak kecil jadi kalo di kampung jaman dahulu kan adanya layar tancap atau film aja di tayangkan di balai desa dan itu jaraknya lumayan jauh dari desa saya kalo pas malam minggu ada film pasti nonton di belain jalan kaki sebab pemutaranya saat itu di tetangga desa yaitu desa kebondalem  yang balai desanya agak besar ” beber Tyo kepada batasMedia.

Baca Juga  Siswa Labschool Unesa raih juara Olimpiade Matematika di China

Dari kecil Tyo memiliki impian untuk menjadi pemain film seperti pada film yang ia tonton, “yang sering kan dulu seperti filmya Berry Prima kalo tidak Suzana jadi kadang di otak terlias kapan saya bisa seperti mereka sedang dari taraf keluarga yah hanya kalangan keluarga sederhana ” beber Tyo.

Tyo Janes sebelum menjadi artis

Meski banyak cemoohan dan hinaan di awal ia meniti karir,Tyo tetap percaya diri,penuh keyakinan dan terus belajar. “Saya yakin saya bisa, yang penting saya terus belajar walaupun orang menertawakan dengan ucapan wajah kayak kamu tidak akan bisa ikut film apalagi muncul di tv ” Tyo bercerita.
Karena kecintaannya kepada musik dan seni peran semua cemoohan itu menjadi cambuk penyemangatnya sehingga ia tetap berusaha untuk meraih mimpinya.”semua itu membuat saya lebih semangat dan suport buat saya dan musik itu sudah jadi bagian hidup saya”kata Tyo.

Baca Juga  Jowo digowo, Arab digarap dan Barat diruwat

Keinginan untuk maju dan mendalami seni, akhirnya Tyo memutuskan untuk hijrah ke Jakarta dengan modal tabungan yang ia miliki. ” menabung dikit demi sedikit dari hasil kerja memberanikan diri hijrah ke Jakarta minta restu orang tua cuma saat itu orang tua juga agak ragu akan saya di Jakarta seperti apa nantinya tapi alhamdullilah orang tua memberi restu dan saya ke Jakarta” lanjut Tyo bercerita ia ikut di salah satu sanggar saat itu belajar acting dan mulailah mengenal dunia peran, “dari situ alhamdulkilah ikut peran-peran kecil dari FTV dan sampai lolos di iklan dan juga sampai ke layar lebar”.

Tyo Janes

Dari sinilah titik terang karir Tyo dan akhirnya ia merambah ke dunia tarik suara meski perjalannya tidak semulus yang diharapkan ia tetap optimis untuk menekuni hal yang sudah menjadi bagian dari hidupnya ini.
Usaha Tyo tidak sia sia, keyakinan,doa orang tua dan kerja kerasnya menuai hasil, meski berbagai rintangan ia jumpai, mulai dari perlakuan yang berbeda hingga di tipu pernah ia rasakan, hingga akhirnya Ia menelurkan sebuah single pertamanya bertitle Sport Jantung pada 2014 dan Beras Plastik pada 2016, dan single keriganya berjudul Romo Ibu pada 2017 ini dan mendapat tempat di hati penyuka dangdut tanah air hingga mancanegara.

Ia juga berakting di beberapa film Mulai dari Harta Tahta Wanita, Hanyalah Tuhan yang Tahu, Matahari Tanah Ranau, Bangkit dari Lumpur, Untukmu Ayah, Istriku Ngidam Ayu Ting Ting, hingga Oh My God. Selebihnya ia membintangi iklan salah satu bank, kecap manis, dan sirup minuman.

Tyo Janes saat masih di kampung

Pria yang lahir dari kekuarga sederhana di Pacitan, Jawa Timur ini akan tetap konsisten dan berkarir di dunia entertainment dan satu tekatnya yaitu ingin membahagiakan orang tuanya.” Semua ini berkat restu dan doa orang tua saya, semoga saya  bisa membahagiakan beliau dan balas budi” pungkas Tyo.
NRP|Foto : Tyo Janes untuk batasMedia